Infrastruktur Ekonomi

Keadaan infrastruktur ekonomi  yang ada dan diharapkan dapat menunjang pertumbuhan industri di daerah ini dapat dijelaskan.
ANGKUTAN DARAT
Pengembangan sistem jaringan jalan di Kotamadya Binjai antara lain :

a.      Jalan Lintas Sumater
Kotamadya Binjai merupakan jalan Lintas Sumatera dari Propinsi Aceh ke berbagai kota lainnya di Sumatera bahkan ke Pulau Jawa.

b.      Jalan Lintas Pusat Kota
Arteri primer alternatif tetap dipertahankan fungsinya, sebagai jalur primer untuk tidak mematikan kegiatan pusat Kota.

c.       Pembangunan jalan lingkar lapis tiga
Yaitu lingkar dalam mengelilingi Pusat Kota, sehingga dapat mengurangi beban lalu lintas di Pusart Kota (PETA NO.!). Lingkar tengah dan luar menghubungkan Kota Binjai dengan Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deliserdang serta ke Propinsi Daerah Istimewa Aceh.

d.      Mebidang (Medan, Binjai Deliserdang).
Merupakan Program Pemda TK.II Sumatera Utara dan telah masuk Master Plan Pemda TK.II Kotamadya Medan karena Medan mengarahkan Kota Metropolitan.Dari Program Pemda TK.II dan Kotamadya Medan ini Binjai termasuk menjadi Daerah pengembangan A yang kondisinya dapat mendukung Kotamadya Medan menjadi Kota Raya.

e.      Jaringan Jalan bebas hambatan (TOL).
Sesuai dengan rencana pembangunan Jalan bebas hambatan (TOL) Binjai – Belawan dan Binjai – Medan (PETA NO.2). Dimana sarana transportasai merupakan sarana penting dalam kelancaran perekonomian. Transportasi yang baik akan menjamin kelancaran barang dari suatau tempat ke tempat lain. Sehingga hasil-hasil industri dari Kotamadya Binjai dapat mempelancar arus pengiriman barang ke Medan, maupun untuk pelabuhan Belawan sebagai jalur ekspor.

ANGKUTAN KERETA API

Jaringan jalan kereta api juga adalah satu sarana penting yang dapat memperlancar arus pengiriman barang hasil industri dari Kodya Binjai ke Kota-kota yang dilalui Jalur Kereta Api adalah :

Kota Medan sebagai Ibu Kota Propinsi dengan kota-kota linnya seperti Besitang, Stabat, Binjai, Tebing Tinggi. Pematang Siantar, Kisaran, Tanjung balai dan Rantau Prapat

ENERGI LISTRIK

Kebutuhan energi listrik di Kotamadya Binjai dilayani oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Binjai, Jaringan –jaringan  listrik telah terjangkau di 5 Kecamatan, bahkan telah sampai di Kelurahan/Desa (PETA NO.3). Sehingga peluang dalam sektor industri yang memakai energi listrik dapat memanfaatkannya pada Kawasan Industri Baru Binjai (KIB) di Kotamadya Binjai.

AIR
Sumber air bersih sebahagian besar dari air bawah tanah yang dikelola oleh Pemda TK.II Binjai melalui “TIRTA SARI” sedangkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya telah diadakan kerja sama dengan Perusahaan Air Minum “TIRTA NADI” Medan, sehingga masalah kebutuhan air bersih untuk Kotamadya Binjai dapat dipenuhi (PETA NO.4).

TELEKOMUNIKASI
Daerah Kotamadya Binjai dalam bidang telekomunikasi mengalami kemajuan/peningkatan yang cukup baik yang telah menggunakan sistem Sambungan Komunikasi Lintas Jarak Jauh (SKLJJ) dengan sistem otomat dan juga dengan sistem Faximell (FAX) yang dapat penyampaian berita lebih cepat dan jelas. (PETA NO.5)

BANK
Bank mempunyai fungsi dalam rangka menunjang sarana pemangunan industri sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Bank Pemerintah maupun  Swasta yang ada di Kotamadya Binjai.

-         LIPPO BANK

-         CONTINENTAL BANK

-         BCA BANK

-         BII BANK

-         BPR BANK

-         BALI BANK

-         PRIMA EXPRES BANK

-         BPDSU
-         BRI