Gubsu: Kesadaran Wajib Pajak Masih Rendah

      1 Komentar

Pajak 1Gubsu HT Erry Nuradi bersama Kakanwil DJP Sumut I Mukhtar (kiri) dan Kakanwil DJP Sumut II Tribowo usai menandatangani MoU antara Pemprovsu dengan Kanwil DJP Sumut I dan Sumut II di aula Serbaguna Gedung Kanwil DJP Sumut I Jalan Sukamulia Medan Selasa (10/10). (Berita Sore/Hj Laswie Wakid )

* Tahun Depan Diterapkan Kurikulum Pajak Di SMA

MEDAN (Berita): Gubsu HT Erry Nuradi menegaskan kesadaran wajib pajak (WP) di daerah ini masih sangat rendah padahal pembangunan negara dananya lebih 75 persen berasal pajak. “Untuk itu kami imbau perlu pemahaman pajak sejak dini. Jadi masuknya kurikulum pajak di sekolah-sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak,” katanya.

Hal itu dikatakan Gubsu Selasa (10/10) usai menandatangani perjanjian kesepakatan (MoU) antara Pemprovsu dengan Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumut I Medan dan Sumut II di aula Serbaguna Gedung Kanwil DJP Sumut I lantai 8 Medan.

Hadir di sana Kakanwil Ditjen Pajak Sumut I Mukhtar yang tugasnya melingkupi Medan, Deliserdang dan Binjai) dan Kakanwil Ditjen Pajak Sumut II Tri Bowo berkantor di Pematangsiantar meliputi wilayah Siantar, Tapanuli, Nias.

Keduanya bersama Gubsu menandatangani MoU tentang Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan serta kesepakatan bersama (MoU) tentang penghimpunan data dan informasi perpajakan serta penerapan konfirmasi status wajib pajak. MoU itu disaksikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya dan Pratama di lingkungan Kanwil DJP Sumut I dan Sumut II.

Menurut Gubsu tingkat kepatuhan WP masih rendah. Dari 20 orang WP, hanya 1 orang yang membayar. Sedangkan target penerimaan pajak lebih Rp1.300 triliun. “Tentu negara membutuhkan lebih banyak wajib pajak yang taat membayar kewajiban perpajakannya,” katanya.

Gubsu menyebut peran serta masyarakat dalam membayar pajak menjadi pondasi utama keberhasilan bangsa Indonesia untuk membangun negeri lebih dari 75 persen APBN berasal dari komponen pajak.

Untuk memenuhi kebutuhan penerimaan pajak yanh semakin meningkat, diperlukan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. “Kesadaran wajib pajak harus ditanamkan sejak dini,” tegas Gubsu.

Sebelumnya Ditjen Pajak dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Jakarta menjalin MoU untuk menanamkan kesadaran pajak dalam proses pendidikan. Secara khusus memasukkan materi kesadaran pajak dalam kurikulum pendidikan menengah atas,” jelas Gubsu.

Penerapan kurikulum pajak itu untuk menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini. Pemprovsu akan memberikan data dan informasi perpajakan yang digunakan semata-mata untuk menggali potensi penerimaan pajak. “Semoga MoU ini dapat dioptimalkan. Peran serta masyarakat dalam membayar pajak menjadi keberhasilan kita,” katanya.

Kakanwil Ditjen Pajak Sumut I Mukhtar kepada wartawan mengatakan peran pajak cukup besar dalam pembangunan, 75 persen dananya dari pajak. Ditjen Pajak Sumut I menargetkan penerimaan tahun 2017 sebesar Rp19,3 triliun, Sumut II Rp5,5 triliun.m Realisasi sampai sekarang untuk Sumut I mencapai 60 persen. “Kami tetap optimis tercapai sampai akhir tahun,” tegas Mukhtar.

Dia menyayangkan pemahaman masyarakat tentang perpajakan masih sangat rendah. Sehingga mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Untuk itu, pihaknya terus berusaha untuk memberi pemahaman, edukasi kepada masyarakat mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi. “Kami sudah membuat draft pendidikan pajak untuk kurikulumnya dan mungkin tahun depan mulai diberlakukan di SMA,” kata Mukhtar.

Sebelumnya, DJP Sumut I sudah menggelar Pajak Bertutur dalam sehari 3.800 orang dari berbagai perguruan tinggi termasuk UMSU, Nomensen juga diikuti beberapa sekolah di Sumut.

Tahun lalu juga memberikan pemahaman tentang tax amnesty dan ternyata penerimaan tax amnesty Sumut I mencapai Rp5 triliun, padahal target hanya Rp1,5 triliun menjadikannya terbaik di luar Jawa. (wie)

One thought on “Gubsu: Kesadaran Wajib Pajak Masih Rendah

  1. Mimie Queen

    B*O*L*A*V*I*T*A adalah Solusi tepat untuk meraih jutaan rupiah setiap hari nya BBM: D8C363CA (NEW) D1A1E6DF (NEW) D8DB1C57 (NEW) whatup : 081377055002

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>