PKI Pelanggar HAM Berat

      1 Komentar

TEBINGTINGGI ( Berita ): Sejumlah siswa dari berbagai sekolah di Kota Tebingtinggi sepakat menyatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan kelompok yang kejam, bahkan pelanggar hak asasi manusia (HAM) berat.

Meski demikian, banyak diantara siswa yang mengaku baru pertama kali menonton film G30S/PKI yang mengisahkan peristiwa berdarah pada 30 September 1965. Hal itu terungkap dalam wawancara Wartawan dengan sejumlah siswa, saat nonton bareng (Nobar) film G30S/PKI yang digagas Disdikbud bersama BKPRMI di Lapangan Merdeka, Selasa (25/9) malam.

Terlihat hadir Wali Kota Umar Z. Hasibuan dan Wakilnya Oki Doni Siregar didampingi unsure FKPD dan pejabat SKPD bersama sekira 5.000-an warga, dengan dua unit layar raksasa. Agam, siswa kelas XI SMKN 1 Kota Tebingtinggi menilai, perbuatan PKI dalam peristiwa tewasnya enam jenderal pada 30 September 1965 merupakan tindakan yang masuk dalam kategori pelanggaran HAM berat.

Hal senada disampaikan Wawan, siswa SMPN4 yang menyebut perbuatan PKI sangat kejam.Siswa yang baru pertama kali menonton film itu, mengaku sebelumnya telah mengetahui peristiwa pemberontakan PKI itu dari guru pada pelajaran PKN dan kian kuat keyakinannya setelah menonton film itu.

Sedangkan Sheila, siswa SMPN 1 Kota Tebingtinggi sudah pernah menonton film G30S/PKI ketika berkunjung ke museum Kota Tebingtinggi. Sheila bersama sejumlah temannya, sepakat menyatakan PKI telah berbuat kejam.

Kadis Dikbud Pardamean Siregar di sela nonton bareng itu menyatakan, Nobar dilaksanakan dalam rangka member pemahaman yang benar kepada siswa dan masyarakat tentang salah satu peristiwa paling hitam dalam sejarah Indonesia. (WSP/a09/B)

One thought on “PKI Pelanggar HAM Berat

  1. Mimie Queen

    B*O*L*A*V*I*T*A adalah Solusi tepat untuk meraih jutaan rupiah setiap hari nya BBM: D8C363CA (NEW) D1A1E6DF (NEW) D8DB1C57 (NEW) whatup : 081377055002

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>