Hillary Akan Gugat Hasil Pilpres AS

      Tidak ada Komentar

WASHINGTON, AS ( Berita ) : Mantan Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, menggegerkan public dengan tindakannya yang akan menggugat hasil pemilihan presiden 2016.

Dalam wawancaranya dengan NPR seperti dikutip CNN, Selasa (19/9), Hillary ditanya apakah dia tidak akan menggugat legitimasi pilpres jika kolusi antara Rusia dan Donald Trump terbukti.

Hillary menjawab, dia mungkin saja menggugat hasil pemilu tersebut. “Saya tidak menutup kemungkinan itu,” ucap man-tan Menteri Luar Negeri AS itu. Namun Hillary juga mengakui, belum ada preseden legal untuk kasus semacam ini.

“Saya tidak tahu apakah ada metode konstitusional,” kata dia.Hillary melanjutkan, ada kejadian di sejumlah negara di mana hasil pilpres dibatalkan karena kecurangan. Tentu saja, pernyataan Hillary ini mengagetkan.

Masih terlintas dalam pidato kekalahannya ketika dia mengatakan bahwa rakyat AS harus menerima hasil pemilu dan bergerak maju ke depan. “Kita harus menerima Trump dengan pikiran terbuka dan memberinya kesempatan untuk memimpin negeri ini,” kata Hillary ketika itu.

Sekarang, setelah 10 bulan pasca kekalahan mengejutkan yang mengguncang dunia, Hillary mulai tampil kembali di muka publik.Politisi yang akan berusia 70 bulan depan itu baru saja meluncurkan memoarnya berjudul What Happened.

Di dalam buku itu dia mengulas kekalahannya dari sudut pandangnya.Hillary mengakui, dia patut dipersalahkan atas kegagalannya memenangi kursi presiden. Namun dia juga melancarkan serangan dengan menyalahkan sosok seperti mantan pesaingnya di pemilihan pendahuluan (primary) Bernie Sanders, Direktur FBI James Comey, dan tentunya Rusia.

Untuk hal yang terakhir itu, Hillary meyakini, Rusia mencoba mengintervensi hasil pilpres. Walau unggul dengan tiga juta di atas Trump, Hillary gagal menjadi perempuan presiden pertama setelah hanya meraih 227 electoral college berbanding dengan 304 yang diraih Trump. Hillary telah menyatakan tidak akan maju kembali menjadi calon presiden. (WSP/cnn/And)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>