DK PBB Sidang Darurat Bahas Rohingya

      Tidak ada Komentar

NEW YORK ( Berita ) : Dewan Keamanan PBB akan menggelar sidang darurat untuk membahas kekerasan di Myanmar barat setelah kepala Komisi HAM PBB memperingatkan “pembersihan etnis” yang sudah membuat 300.000 muslim Rohignya terusir dari Myanmar.

Rakhine terjerembab ke dalam krisis setelah militant Rohingya menyerang pos-pos polisi Agustus lalu yang memicu bentrok militer yang membuat hampir sepertiga minoritas muslim itu meninggalkan Bangladesh.

Para pengungsi Rohingya yang kehausan menceritakan kisah pelarian mereka dalam menghindari tentara dan gerombolan nasionalis Buddha yang membakari rumah mereka dan membunuh warga sipil tanpa pandang bulu.

Sebaliknya, pemerintah menyebut pemberontaklah yang melakukan pembakaran itu. Sementara itu Kepala Komisi HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein menyatakan kekerasan itu “contoh nyata dari buku teks tentang pembersihan etnis”.

Beberapa jam sebelum pernyataan Hussein, DK PBB mengumumkan akan bertemu Rabu (13/9) untuk membahas krisis yang memicu gelombang tekanan dari dunia kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi itu. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>