Catur Indonesia Dikalahkan Filipina

      Tidak ada Komentar

BEKASI ( Berita ) : Tim Catur Indonesia harus mengakui keunggulan tim Filipina dalam Dwi Tarung bertajuk Future Champions Chess Match di Gedung Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Jawa Barat, 10-12 September.

Tim Catur Merah Putih yang dimotori Master Internasional (MI) Novendra Priasmoro kalah 4-8 atas tim tamu Filipina. Novendra cs sebenarnya memiliki peluang memenangkan dwi tarung yang memainkan dua nomor, yaitu klasik (standar) dan rapid (catur cepat).

Sayang pada babak keenam atau terakhir, Selasa (12/9), saat memainkan nomor rapid, mereka dipukul telak 6-2 oleh Filipina. Sebagai pemenang, Filipina mendapat 4.000 Dollar Amerika (setara Rp52 juta) dan Indonesia sebagai runner-up memperoleh 3000 Dollar Amerika.

Pecatur muda berusia 11 tahun, Aditya Bagus Arfian, menjadi pengumpul poin tertinggi tim Indonesia dengan 4,5 poin dari enam babak. Dari Filipina, predikat pengoleksi poin tertinggi direbut Daniel Quizon dengan 5,5 poin.

Meski kalah, Ketua Dewan Penasihat PB Percasi Eka Wirya Putra tetap memberikan apresiasi atas capaian Indonesia. Menurutnya, bagi pecatur muda yang diterjunkan di ajang ini merupakan pengalaman emas.

Karena mereka dapat mengasah kemampuannya melawan pecatur asing. Eka memuji performa dan daya juang yang ditunjukkan Novendra cs yang pantang menyerah hingga babak terakhir.

“Dari ajang ini PB Percasi dapat melihat bibit-bibit potensial yang layak diorbitkan ke pentas catur dunia. Salah satunya adalah Aditya, pecatur cilik yang bisa meraih poin tertinggi. Bahannya bagus. Tinggal diasah lagi dengan pelatih asing,” tambahnya.

Pecatur memperkuat Indonesia adalah MI Novendra Priasmoro, Samantha Edithio, Catur Adi Sagita, Nur Aini Rasyid, Gilberr Elroy Tarigan, Cecilia Natalie Liuviann, Aditya Bagus Arfian, dan Shafira Devi Herfesa. (WSP/yuslan/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>