Jihad Dengan Jiwa Dan Harta

      Tidak ada Komentar

LHOKSEUMAWE ( Berita ) : Khatib khutbah Jumat di Masjid Agung Islamic Centre,Kota Lhokseumawe Tgk Abdul Halim, LC, LLM membuka isi khutbahnya dengan jihad membantu muslim Rohingya, Jumat (8/9).

“Jihad membantu sesame Islam dimulai dengan jiwa lalu harta,” kata alumni al-Azhar Kairo itu.Ia juga menyebutkan, dalam perkara jihad Allah berfirman dalam Surat At-Taubah ayat 111, artinya; “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.

Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Alquran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah ? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.

”“Kalau ada saudara kita berangkat ke sana (Myanmar) jangan dicemooh atau disudutkan, karena dalam surat ini Allah menyebut pertama adalah diri kita atau jiwa atau badan kita. Muslim Rohingya itu mempertahankan akidah dan Tanah Air mereka dari orang non muslim,”sebut Tgk Abdul Halim.

Bahkan Allah dalam ayat itu menyebut dengan ‘membeli’ kepada siapa saja yang berjihad dengan surganya. “Masuk surge itu bukan dengan ibadah, ketaatan dan lainnya melainkan dengan rahmat Allah, dan surge itu hak Allah diberikan kepada siapa saja,” ujarnya menjelaskan.

Tgk Abdul Halim mengatakan, jika tak mampu berjihad dengan jiwa maka berjihadlah dengan harta. Berjihad seperti menyumbang kebutuhan pokok pengungsi di sana dan membantu biaya kepada umat Islam yang sudah berjihad ke sana.

“Lalu bila dengan jiwa dan harta belum mampu, berjihad dengan berdoa kepada Allah, karena semua yang kita lakukan harus kita serahkan kepada Allah. Semua kekuatan ada sama Allah. Sebab itu kami mengajak masyarakat Kota Lhokseumawe dan sekitarnya untuk hadir Senin lusa usai Zhuhur.

Kita gelar zikir akbar dan doa bersama untuk Rohingya di masjid ini,” ajak mahasiswa program doktor Al-Madinah International University itu. Terkait zikir dan doa bersama, kata Tgk Abdul Halim, berdasarkan rapat beberapa hari lalu sebanyak 68 organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, mahasiswa, santri di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara akan hadir.(WSP/cmk/I)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>