Wakil Ketua KPK Motivasi Mahasiswa Baru UMA

      1 Komentar

uma kpk1Wakil Ketua KPK Thony Saut Situmorang ketika melakukan dialog interaktif dengan mahasiswa baru UMA di Gelanggang Serba Guna Kampus I Jalan Kolam Medan Estate, Kamis (7/9).( Berita Sore/ist )

MEDAN (Berita): Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Thony Saut Situmorang mengajak mahasiswa baru Universitas Medan Area (UMA) melakukan bela negara karena dia yakin calon pemimpin bangsa banyak yang kuliah di perguruan tinggi mengandalkan mutu ini.

“Saya meyakini mahasiswa baru UMA pasti ada yang menjadi pemimpin bangsa ke depan. Maka saya mengajak dari sekarang agar memperkuat karakter integritas untuk memimpin Indonesia,” kata Saut Situmorang ketika tampil sebagai penceramah pada Program Pengenalan SIstem Pendidikan Tinggi (PPSPT) Tahun akademik 2017/2018 UMA, Kamis (7/9) di Gelanggang Serba Guna Kampus I Jalan Kolam Medan Estate.

Saut Situmorang memaklumi anggapan yang menyebutkan selama ini pelajaran anti korupsi digambarkan hanya untuk menangkapi orang. Dia mengaku senang diberi kesempatan memberi ceramah untuk membangun karakter integritas kepada mahasiswa baru UMA.

“Diantara mahasiswa baru UMA ini masa tidak ada yang menjadi menteri, gubernur. Saya yakin 30 tahun ke depan nantinya salah satu dari mereka akan jadi pemimpin jika memiliki karakter integritas. Nah, disinilah tugas lain KPK itu dan perlu disampaikan,” katanya.

Wakil Ketua KPK kelahiran Belawan, 20 Maret 1959 ini memberi motivasi kepada 3000-an mahasiswa baru perguruan tinggi itu agar membiasakan hidup disiplin dan jujur. Menurut dia, jika Indonesia ingin bangun kesejahteraan dan mampu bersaing, maka kata kuncinya adalah karakter dan integritas. “Itu harus dimulai sejak dini. Saya sangat antusias memberikan ceramah anti korupsi karena itu merupakan bagian dari tugas KPK,” katanya.

Untuk membangun Indonesia yang berintegritas, kata dia, salah satu caranya adalah dengan mendatangi sekolah dan kampus. KPK melakukan pencegahan korupsi salah satunya melalui sosialisasi sebagai bagian tugasnya.

Didampingi Wakil Rektor III UMA Ir Zulherry Noer MP dan Humas Ir Asmah Indrawaty MP, dia menyebutkan lima tugas utama KPK selain memenjarakan orang adalah melakukan koordinasi, supervisi, memonitor, dan pencegahan.

Ditegaskannya, sosialisasi pencegahan korupsi berdasarkan UU KPK harus dilakukan di semua jenjang pendidikan, bahkan mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pencegahan korupsi, menurutnya, bisa dilakukan dengan menguatkan karakter integritas. “Ternyata setelah dipelajari dan diteliti, katakter integritas itu banyak terdapat di usia 0- 12 tahun,” ujarnya.

Dia mengakui negara tidak bertanggungjawab untuk membentuk karakter anak-anak Indonesia. Padahal, kata dia, menurut riset, anak-anak usia 0-12 memiliki karakter integritas yang bagus. Untuk itu, menurutnya jika sedari dini dibekali integritas, mampu menjaga diri dan berdoa serta bertawakkal maka seseorang itu akan sukses.

Diungkapkannya, pimpinan negara yang dipenjarakan KPK sudah mendekati angka 700 orang dengan berbagai latar belakang jabatan. Untuk itu, KPK berupaya melakukan pencegahan dengan sosialisasi. Salah satunya, memotivasi mahasiswa untuk menjauhi korupsi.

Saat memberi ceramah kepada mahasiswa baru UMA, Saut Situmorang juga mengajak berdialog interaktif. Dalam salah satu dialognya dengan mahasiswa, Saut Situmorang menyebut dalam membangun peradaban hukum, seluruh elemen tidak boleh dendam. Ini karena pembangunan peradaban hukum harus benar-benar murni demi tegaknya supremasi hukum.

“Permasalahan korupsi tidak hanya dengan menindak secara hukum. Lebih dari itu, membangun peradaban hukum tidak boleh dengan dendam, sakit hati, marah, benci dan sebagai sifat lainnya, apalagi karena lawan politik, tetapi harus benar-benar tidak bertentangan dengan aturan negara dan lebih efisien serta efektif,” tuturnya.

“KPK dalam menjalankan pemberantasan korupsi tetap memiliki 2 bukti yakni ada kerugian negara dan terlibat penyelenggara negara. Jika bukti itu sudah ada KPK dapat bekerja tanpa peduli siapa sasarannya. Setiap menjalankan tugas KPK tetap berpegang teguh membangun hukum yakni tidak boleh dendam,” jelasnya. (aje)

One thought on “Wakil Ketua KPK Motivasi Mahasiswa Baru UMA

  1. Mimie Queen

    Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sportbo*k, Pok*r, CEM*, C*PS*, DOMIN*, Casin*
    whatup : 6281377055002
    BBM : D1A1E6DF – D889B99C – BOLAVITA (NEW)

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>