Muhammadiyah Kecam Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya

      1 Komentar

MEDAN ( Berita ) : Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Medan menyuarakan kecaman atas kekejaman yang dilakukan militer dan umat Budha, terhadap muslim etnis Rohingya , di Myanmar. Mereka menilai tindakan yang dilakukan itu bukan saja pelanggaranan Hak Azasi Manusia (HAM), tapi juga tindakan biadab.
Ketua PD Muhammadiyah Medan Anwar Sembiring, mengatakan itu, Kamis (7/9). Dia mengeluarkan pernyataan di Kantor Muhammadiyah Medan, usai rapat persiapan pelaksanaan Aksi Masyarakat Medan Bela Muslim Rohingya, yang akan dilaksanakan hari ini (Jumat 8/9).

Dari informasi yang diterima, kata Anwar Sembiring, lebih dari 2.600 rumah warga muslim Rohingya telah dibakar, di Rakhine pekan lalu. Peristiwa ini merupakan perlakuan paling biadab terhadap umat muslim dalam beberapa dasa warsa terakhir.

Disebutkannya, Muhammadiyah Medan menyerukan kepada umat muslim untuk melakukan jihad dengan cara apapun untuk bela muslim Rohingya dari pembantaian yang dilakukan militer Myanmar.

“Maka kita mendesak Pemerintah Rl, mengusir Duta Besar Myanmar dari Indonesia dan tarik pulang Dubes dari Myanmar. Putuskan hubungan diplomatic, dan keluarkan Myanmar dari keanggotaan Asean,” katanya.

Selain itu, Muhammadiyah meminta pemerintah mampu membuka jalur dan memberkan bantuan untuk warga dan pengungsi Rohingya, dengan menyiapkan tempat atau satu daerah yang dahulu pernah dilakukan terhadap pengungsi Vietnam di daerah Pulau Galang.

Gelora Infaq

Sementara itu, Sekretaris Muhammadiyah Medan Hasrat Efendi Samosir, menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan Gelora Infaq, sebagai bentuk penggalangan dana. Itu dilakukan pada sebelum dan sesudah shalat Jumat, selama dua Jumat.

Kata Hasrat Samosir, Gelora Infaq, yang bertujuan untuk membantu mengatasi penderitaan muslim Rohingya tersebut,merupakan hasil rapat PD Muhammadiyah Medan, Majelis dan Lembaga, beserta organisasi otonom Muhammadiyah.

“Karena itu,kita mengajak jajaran pimpinan cabang dan pimpinan ranting Muhammadiyah se Kota Medan dan sekitarnya melakukan penggalangan dana,’’ katanya.

Hair dalam rapat persiapan Aksi Bela Muslim Rohingya itu,Wakil Ketua Muhammadiyah Adri K, dan M. Shafei, Ketua Majelis Tabligh Tanwir Siagian,Ketua Lazis Mu H. Zakirman Sutan Sinaro, Ketua Majelis Pembinaan Sosial H. Mansyur,Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Isa Anshari SF,Utusan Majelis Dikdasmen, beserta Sejumlah Ketua dan Fungsionaris Ortom Tingkat Kota Medan, antara lain Hizbul Wathan,PS Tapak Suci, Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). (WSP/m12/B)

One thought on “Muhammadiyah Kecam Kekejaman Terhadap Muslim Rohingya

  1. Mimie Queen

    Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sportbo*k, Pok*r, CEM*, C*PS*, DOMIN*, Casin*
    whatup : 6281377055002
    BBM : D1A1E6DF – D889B99C – BOLAVITA (NEW)

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>