Aceh Aksi Solidaritas Rohingya

      1 Komentar

AcehAksi teatrikal kekejaman tentara Myanmar yang digelardi pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Kamis (7/9). ( Repro/ WSP/Dani Randi/B )

BANDA ACEH ( Berita ) : Masyarakat Aceh yang tergabung dalam beberapa lembaga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan pembantaian terhadap etnis Rohingya yang dilakukan militer Myanmar.

Aksi inisebagai bentuk solidaritas terhadap muslim Rohingya. Aksi yang digelar di pantai Gampong Jawa, Kamis (7/9) sore itu menunjukkan bagaimana kekejaman tentara Myanmar melakukan penyiksaan hingga pembunuhan terhadap etnis Rohingya. Dengan menggunakan senjata lengkap dan atribut aksi teatrikal lainnya.

Koordinator aksi Tuanku Muhammad mengatakan,aksi ini dilakukan agar masyarakat Aceh secara keseluruhan dapat melihat betapa kebiadaban tentara Myanmar yang menyiksa etnis Rohingya. Sehingga memunculkan reaksi kemarahan rakyat terhadap militer Myanmar. “Aksi ini bentuk keprihatinan kita terhadap pem-bantaian yang dialami etnis Rohingya,” katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan, aksiini sengaja dilakukan di pinggir laut. Menurutnya, ini sebagai wujud nyata jika etnis Rohingya memilih Aceh sebagai tempat persinggahan atau pelarian, pihaknya siap menyambut dengan terbuka.

Ia mengisahkan, betapa heroiknya masyarakat Aceh pada tahun 2015 silam mau menampung masyarakat Rohingya yang tiba di Aceh. “Jika Negara lain tidak mau menyambut mereka, kita masyarakat Aceh siap menerimanya kembali,” ujarnya.
Di tempat terpisah, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta Pemerintah Myanmar segera menemukan solusi guna menghentikan kekerasan yang sedang berlangsung terhadap minoritas Muslim Rohingya di wilayah Rakhine,Myanmar.

Irwandi mengatakan, Aceh sebagai provinsi yang pernah mengalami konflik bersenjata selama 30 tahun dan berada di bawah status Daerah Operasi Militer selama kurang lebih 15 tahun, sungguh sangat menyesalkan tindakan Pemerintah Myanmar yang memberlakukan operasi militer di wilayah Rakhine, Myanmar.

“Pengalaman konflik bersenjata di Aceh justru hanya membawa kemudaratan dan kemunduran yang besar terhadap kebudayaan, sosial, dan ekonomi. Dan memberikan luka mendalam bagi para korban yang kebanyakan merupakan masyarakat sipil,” ujarIrwandi, Kamis (7/9).

Aceh memohon kepada Pemerintah Myanmar untuk menahan diri secara maksimal dengan tidak menggunakan cara-cara kekerasan dan segera menghentikan Operasi Mili-ter di wilayah Rakhine dan memulai proses stabilisasi politik dan peacebuilding anta-ra warga Rakhine dan Muslim Rohingya.

Irwandi menjelaskan, operasi militer hanya akan mem-perpanjang siklus kekerasan dan memunculkan radikalisme. Bahkan dapat mengarah kepada perang sipil yang lebih luas.

Sebagai sahabat se kawasan ASEAN, kata dia, Indonesia perlu secara intens membantu Pemerintah Myanmar dalam mewujudkan perdamaian diwilayah Rakhine, mendorong terbukanya akses bantuan kemanusiaan untuk para korban, dan membangun paying hukum untuk melindungi setiap orang tanpa membedakan ras, suku, dan agama terutama perlindungan terhadap kelompok rentan. (WSP/cdr/J)

One thought on “Aceh Aksi Solidaritas Rohingya

  1. Mimie Queen

    Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ay*m, Sportbo*k, Pok*r, CEM*, C*PS*, DOMIN*, Casin*
    whatup : 6281377055002
    BBM : D1A1E6DF – D889B99C – BOLAVITA (NEW)

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>