Warga Aceh Demo Kecam Myanmar

      Tidak ada Komentar

ejumlah massa yang tergabung dalam Sahabat Muslim Rohingya melakukan aksi di Kedubes Myanmar, Jakarta,Sejumlah massa yang tergabung dalam Sahabat Muslim Rohingya melakukan aksi di Kedubes Myanmar, Jakarta, Senin (4/9). Dalam aksinya pengunjuk rasa menuntut pemerintah mengusir Dubes Myanmar dari Indonesia menyusul tragedi kemanusiaan etnis Rohingya. (ant)

BANDA ACEH ( Berita ) : Sejumlah warga Aceh yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Aceh Peduli Rohingya, menggelar aksi di depan Vihara Darma Bhakti Banda Aceh.
Koordinator aksi, Michael Octavianus, kepada Wartawan ,Senin (4/9) mengatakan, tujuan pihaknya menggelar demo adalah bentuk solidaritas muslim terhadap peristiwa kejahatan kemanusiaan di Rakhine terhadap etnis Rohingya.

Atas tragedi kemanusiaan yang menimpa saudara muslim Rohingya di Myanmar, sudah semestinya bangsa ini yang mayoritas Muslim bergerak membantu, bahkan harus menekan pemerintahan Myanmar menghentikan segala bentuk kekerasan dan pembunuhan di sana. “Indonesia harus hadir menekan pemerintahan Myanmar untuk menghentikan pembunuhan etnis Rohingya,” katanya.

Menurutnya, peristiwa pembersihan etnis Rohingya bukan kali pertama terjadi melainkan sudah berulang. Namun dunia diam dan membisu seolah membiarkan tindakan pemerintahan Myanmar terhadap rakyat minoritas di sana.

Dengan menggelar aksi di depan Vihara ini, sebenarnya kita ingin agar seluruh pemuka agama yang ada di Aceh ikut bersimpati dan mengeluarkan kecaman atas peristiwa di Myanmar, sebab tragedi pembantaian muslim disana adalah peristiwa kemanusiaan yang semua pihak harus membuka mata.

Sementara Zainal Abidin, anggota DPR Aceh, yang ikut serta dalam aksi tersebut mengatakan, pihaknya meminta agar Gubernur Aceh Irwandy Yusuf, mengeluarkan sikap resmi atas tragedi di Rohingya di Myanmar. Dan secara kelembagaan, pihaknya telah memberikan bantuan kemanusiaan ke sana.“ Saya pikir, harus ada pernyataan tegas dari Gubernur Aceh terkait tragedi kemanusiaan di Myanmar,” tegasnya. (WSP/cho/J)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>