NU Deliserdang Kecam Myanmar

      Tidak ada Komentar

* BKPRMI Gelar Doa Untuk Muslim Rohingya

LUBUKPAKAM ( Berita ) : Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Deliserdang mengecam kebrutalan militer Myanmar terhadap muslim Rohingya.
Pernyataan sikap itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC-NU) Kabupaten Deliserdang Syawal Harahap di hadapan Wakil Bupati Deliserdang H. Zainuddin Mars yang hadir bersama sejumlah pimpinan SKPD jajaran Pemkab Deliserdang, Ketua PWNU Sumut Afifuddin Lubis, pengurus dan anggota MWCNU se-Kabupaten Deliserdang pada penyembelihan hewan kurban di kantor DPC NU Deliserdang Jl. Medan – Lubukpakam, Desa Pardamean Kec.Tanjungmorawa, Senin (4/9).

Syawal mengatakan, saat umat Islam merayakan Idul Adha 1438 H dan melakukan penyembelihan kurban sebagai bentuk keimanan, ketaqwaan dan kepedulian sosial, terbetik berita tentang pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap warga muslim Rohingya.

Atas dasar itu, PC NU Deliserdang bersama seluruh kader terpanggil untuk menyampaikan sikap mengutuk keras tindakan keji dan kekejaman yang dilakukan militer Myanmar.

“NU mendesak pemerintah pusat melalui Pemkab Deliserdang untuk segera melakukan upaya menghentikan kebiadaban, kekejian dan kebrutalan gerakan genosida itu sesegera mungkin,” tegas Syawal.

Wabup H Zainuddin Mars memberi apresiasi kepada jajaran PC NU Deliserdang yang telah menunjukkan niat tulus melaksanakan kurban sebagai ibadah. Karenanya, kebersamaan yang ditunjukkan ini merupakan kekuatan yang harus kita lestarikan.

Ketua Panitia Kurban PC NU Deliserdang Hasan Basri Harahap menjelaskan pada Idul Adha 1438 H, PC NU Deliserdang menyembelih 12 ekor lembu. Dari jumlah itu,7 ekor disalurkan di 7 kecamatan dan 1 ekor disalurkan ke Panti Asuhan Balige.

Sisa 4 ekor lembu disembelih di kantor DPC NU Deliserdang, Senin (4/9). Doa Bersama Sebelumnya, BKPRMI Deliserdang beserta DPK mengge-ar doa bersama untuk keselamatan umat muslim Rohingya Myanmar, Minggu (3/9) sore,di Gedung Sekretariat Badan Pembinaan Qari-qari’ah, Hafiz-hafizah dan Seni Kaligrafi Alquran (Bafqah Sika) Kab.Deliserdang Jl. Lintas Bandara Kuala Namu Desa Telaga SariKec. Tanjung Morawa.

Doa bersama yang dipimpin Ustadz Jamiat itu, turut diikuti Ketua DPD BKPRMI Deliserdang Zailani Dalimunthe dan dirangkai Milad ke-40 BKPRMI. Dalam sambutannya, Ketua DPD BKPRMI Deliserdang Zailani Dalimunte mengatakan tujuan dilaksanakannya doa bersama ini untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar umat muslim yang ada di Rohingya Myanmar diberi keselamatan atas aksi kekejaman yang dialaminya selama ini.

Dikatakannya, umat Islam di seluruh dunia khususnya BKPRMI saat ini merasa miris menyaksikan kekejaman pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya yang ada di sana.

Bukan saja orangtua, tetapi juga anak-anak tidak berdosa turut menjadi korban hingga mereka berlari ke negara lain untuk mencari perlindungan. “Ini kita lakukan sebagai bentuk keprihatinan kepada umat muslim yang ada di Rohingya.

Melalui doa bersamaini, kita memohon kepada Allah SWT agar umat muslim yang ada di sana tetap diberi kekuatan dan keselamatan serta tetap tabah menghadapi musibah ini,”kata Zailani.

Ditambahkannya, sebagai bentuk aksi solidaritas kepada masyarakat muslim Rohingya, pada Jumat mendatang BKPRMI Deliserdang bersama seluruh ormas Islam se Kabupaten Deliserdang akan menggelar aksi ke gedung DPRD Deliserdang guna meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah kongkrit atas nasib umat muslim Rohingya.

Pada kesempatan itu, Zailani juga menyampaikan tentang berbagai persiapan kegiatan Jambore Remaja Masjid Pemuda Islam Asean yang akan digelar pada 25-27 November mendatang di Gedung Serbaguna Pemprovsu.

Dalam kegiatan ini, BKPRMI Deliserdang dihunjuk sebagai tuan rumah sekaligus meminta kepada kader untuk mensukseskannya dan juga persiapan keberangkatan kontingen BKPRMI mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) di Banjarmasin. (WSP/a06/crul/I)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>