BI Dorong Terbentuknya BUMD

      1 Komentar

MEDAN (Berita): Untuk mengendalikan inflasi, cara lain bisa dengan meratanya distribusi dan produksi yang tersedia, sehingga Bank -Indonesia (BI) mendukung terbentuknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang menangani komoditi pangan. Hal itu dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara Arief Budi Santoso kepada wartawan di kantornya Selasa (5/9).

Arief menyebut keuntungan adanya BUMD yakni mampu membuat stok bahan pangan lebih terjaga. Contoh di Jakarta yang ada BUMD pangannya, tak punya lahan. Bahan makanan dari daerah lain, tapi mereka bisa mengendalikan inflasi.

Jakarta bisa ambil dari daerah lain seperti beras dan sapi. Artinya mereka bisa berdagang dengan daerah-daerah surplus. Di Jakarta ada BUMD sapi, beras dan lain-lain.

Arief menyebut penguatan data dan Informasi untuk penguatan kerjasama antar daerah serta penguatan kelembangaan melalui pembentukan BUMD menjadi salah satu fokus pelaksanaan roadmap pengendalian inflasi.

Diketahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan pembentukan BUMD Pangan bisa terealisasi pada 2017 untuk memperkuat ketahanan pangan sekaligus menekan angka inflasi di daerah itu. Pemprovsu menargetkan BUMD Pangan Sumut terealisasi 2017, Pemprov Sumut berharap badan usaha tersebut bisa lebih hebat atau bagus.

BUMD Pangan Sumut itu akan mengelola beberapa bahan kebutuhan pangan dari hanya satu komoditas yakni beras yang ditangani di Jawa Timur. Ketua Komite II DPD RI Sumut Parlindungan Purba mengatakan, BUMD Pangan Sumut diyakini bisa lebih sukses karena sebenarnya potensi produksi hasil pangan Sumut cukup besar. (wie)

One thought on “BI Dorong Terbentuknya BUMD

  1. Suzhi Mei

    BolaVada
    Khusus Multiplayer..
    POKER, CEME, KIU KICK, CAPSA bisa dimainkan melalui HP lo..
    Ready for your ANDROID and IOS..
    Kunjungi website kami di www. bolavada .com
    atau Hubungi Kami di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>