Doakan RI ” Keberkahan Sedang Dicabut “

      1 Komentar

melontarJAMAAH haji tengah mengutip batu-batuan di Muzdalifah sementara ratusan ribu jamaah lain tampak beristirahat sambil menunggu bus-bus jemputan yang akan mengangkut ke Mina. Jutaan jamaah mabit di Muzdalifah 9 Dzulhijjahmalam sampai 10 Dzulhijjah pagi atau bertepatan Kamis (31/8) malam sampai (1/9) pagi sebelum ke Mina untuk melontar jumrah dengan batu-batuan yang dikumpulkan di Muzdalifah ( Repro/WSP/H Dedi Sahputra/C

MAKKAH ( Berita ) : Khutbah wukuf di Padang Arafah di tenda jamaah Kloter 21 Medan, Kamis (31/8) mengajak jamaah berdoa untuk Indonesia karena keberkahan sedang dicabut oleh Allah SWT.

“Saat ini banyak rakyat yang hidup dalam kesusahan padahal alam kita kaya. Mungkin karena kekayaan kita tidak berkah. Di Padang Arafah ini, di waktu yang makbul doa ini, mari kita doakan negeri kita agar kembali mendapatkan keberkahan,”kata Al Ustadz Ahmad Nukman Nasution dalam khutbah wukufnya.

Ia mengutip sebuah hadis menjelang wafatnya Muhammad Rasulullah SAW yang bertanya kepada Malaikat Jibril as,apakah sepeninggal Beliau Jibril masih akan turun ke Bumi. Jibril kemudian menjawab bahwa Ia akan tetap turun ke Bumi untuk mencabut 10 hal dari muka Bumi.

Sepuluh hal tersebut yaitu mencabut keberkahan kekayaan suatu negeri; mencabut cinta; mencabut kasih sayang; mencabut keadilan; mencabut rasa malu dari pemimpin; mencabut kesabaran dari orang batil; mencabut kewara’an dari ulama; mencabut kedermawanan dari orang kaya; mencabut Alquran; dan terakhir mencabut iman.

“Semoga keberkahan bagi negeri kita Indonesia,” serunya. Khatib juga mengimbau agar para jamaah yang telah menjadi haji agar hidup lebih berkualitas dari sebelumnya, sehingga memberikan manfaat di dalam masyarakat. “ Islam menghendaki kehidupan hari ini lebih baik dari kemarin dan esok lebih baik dari hari ini,” tandasnya.

Dia menegaskan bahwa ibadah wukuf adalah keniscayaan yang tak terlewatkan. “Dengan wukuf diajarkan untuk tidak mementingkan diri sendiri tetapi saling menolong dan saling memberi nasihat, berbagi dan peduli sesama. Orang yang diampuni adalah orang yang pernah pemaaf, orang yang mencintai adalah orang yang mencintai,” ujarnya.

Mengutip Imam Al Ghazali, khatib wukuf menyatakan bahwa Beliau Al Ghazali diampuni dosanya karena membiarkan lalat meminum tinta yang sedang digunakannya untuk menulis buku.

Karenanya kepedulian adalah hal yang utama yang harus menjadi perhatian para jamaah haji. Di bagian lain khatib wukuf menyatakan bahwa di Padang Arafah semua orang sama.Tidak ada perbedaan pangkat, jabatan, dan lainnya. “Tebarkanlah salam di tengah hidup berbangsa yang tidak mempedulikan tetangga,” katanya.

Ke Mina

Usai wukuf di Padang Arafah, sejak Kamis sore jamaah telah bergerak menuju Muzdalifah untuk mengambil batu-batuan dan mabit sebelum melontar jumrah di Mina. Lewat tengah malam dari Muzdalifah jamaah kembali bergerak ke Mina dengan diangkut bus.

Dalam perjalanan bus ini terlihat sepanjang jalan ratusan ribu jamaah berjalan kaki menuju tempat pelontaran jumrah. Sejak dinihari itu sampai sepanjang hari jamaah haji telah memulai melontar jumrah aqobah atau di tanggal 10 Dzulhijjah.

Usai melontar, ada di antara jamaah yang langsung berjalan menuju Makkah untuk thawaf ifadha dan sa’i sekaligus menunaikan shalat ‘Idul Adha di Masjidilharam. Namun pada umumnya jamaah kembali ke Mina sambil menunggu waktu melontar tiga jumrah di tanggal 11-12 Dzulhijjah (Sabtu-Minggu2-3/9).

Di antara jamaah haji ada yang memilih melakukan Nafar Awal dan kembali ke Makkah pada Minggu (3/9). Sebagian lagi memilih Nafar Tsani dan baru kembali ke Makkah padahari Senin (4/9).

Ardiansyah Khatib Kloter 1

Dr Ardiansyah, Sekjen MUI Sumut bertindak sebagai khatib kloter 1 saat pelaksanaan wukuf di Arafah sedangkan imam, H Al Ahyu Kankemenag Binjai.Dalam keterangannya kepada Wartawn ,Jumat(1/9), Ardiansyah menyebutkan, khutbah yang disampaikan kepada jamaah antara lain mengajak semua jamaah bersyukur.

“Pada hari ini Allah mengabulkan semua pinta dan doa hamba-hambanya yang memanjatkan doa kepadaNya, yang sedang berada ditanah suci, tanah Arafah, tanah yang diimpi-impikan oleh berjuta bahkan bermiliar umat Islam di seluruh dunia.
Disampaikannya, saat ini kita ditakdirkan oleh Allah berkumpul di tempat yang mulia ini, tempat di mana setiap doa pasti akan dikabulkan, siapapun yang bertaubat diantara kita, Allah pasti menerimanya dan mengampuni dosa-dosa kita, sebanyak apapun dosa-dosa itu melumuri tubuh kita. (WSP/m07/m37/K)

One thought on “Doakan RI ” Keberkahan Sedang Dicabut “

  1. Suzhi Mei

    Ayuk Mainkan sekarang juga di Bolavada..
    Buat kamu yang suka bermain Sportbook..
    Kini Hadir buat kamu yang mau bermain di mana saja dan kapan saja..
    Tunggu apa lagi, Kunjungi website kami di www. bolavada .com
    atau Hubungi Kami di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>