Karate Waspadai Faktor Nonteknis SEA Games 2017

      Tidak ada Komentar

JAKARTA ( Berita ) : Tim Karate Indonesia terus mempertajam latihan teknik pada sisa waktu menjelang tampil dalam ajang SEA Games 2017 Malaysia, 19-30 Agustus mendatang. Latihan terus dilakukan sebagai upaya memenuhi target dua medali emas.

Namun untuk menggapai target bukan perkara mudah. Tim Karate Merah Putih juga harus memperhitungkan faktor nonteknis pada pertandingan nanti. Apalagi, Malaysia yang menjadi tuan rumah dikenal sebagai musuh bebuyutan di cabang ini.

“Kami harus mengantisipasi faktor nonteknis seperti masalah wasit. Kita kan bertanding di kandang musuh bebuyutan, jadi kita harus waspada meski ada tiga wasit asal Indonesia,” kata Manajer Tim Karate Indonesia, Zulkarnaen Purba, Kamis (10/8).

Untuk memastikan pertandingan berlangsung fair, kata dia, timnya akan berangkat lebih awal atau tidak sesuai jadwal yang sudah ditentukan Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Tujuannya, agar bisa mengikuti temu teknik yang digelar pada 20 Agustus 2017. “Pada technical meeting nanti, kami harus tahu apa-apa saja yang harus diperhatikan sekaligus mengingatkan agar wasit bisa profesional,” tegasnya.

Tim Karate Indonesia akan berangkat pada 19 Agustus atau tepat saat hari pembukaan SEA Games 2017. Sehari setelah temu teknik, Jintar Simanjuntak cs akan ditimbang berat badannya, lalu keesokan harinya menjalani pertandingan.

Tim karate Merah Putih yang diperkuat 20 atlet terdiri atas 12 putra dan delapan putri akan tampil di nomor kata dan kumite. “Vietnam dan Thailand akan jadi rival terberat. Tapi karate olahraga tidak terukur, jadi sulit diprediksi,” jelas Purba.

“Malaysia juga masuk daftar lawan yang harus diwaspadai karena mereka tuan rumah. Mereka akan mati-matian menang, terutama saat bertemu karateka Indonesia,” pungkasnya. (WSP/yuslan/I)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>