4 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Rp 2,6 Miliar Kupedes PT BRI

      1 Komentar

RANTAUPRAPAT ( Berita ) : Kasus korupsi dugaan tindak pidana penyaluran Kredit Usaha Pedesaan (Kupedes) di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Cabang Rantauprapat ,Unit Aek Pamingke, Kecamatan Aek Natas, kabupaten Labuhanbatu Utara sebanyak Rp 2,6 miliar lebih pada tahun 2013 yang lalu diungkap Polres Labuhanbatu dengan menetapkan sejumlah tersangka pegawai BRI.
Terkait penyidikan kasus modus kredit yang merugikan keuangan negara sebanyak Rp 2,6 miliar lebih, Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SIK membenarkan adanya penyidikan kasus kerugian negara tersebut. “Ya ada dilakukan pemanggilan beberapa karyawan PT BRI unit Aek Pamingke”, kata Kapolres Frido Situmorang kepada Wartawan, Senin (7/8).

Ketika ditanya, sudah berapa orang tersangka yang terlibat dalam tindak pidana kredit usaha pedesaan itu, Kapolres mengatakan masih dalam pemanggilan. Saat ditanya lagi, katanya sudah ada 4 ditetapkan tersangka, Kapolres membenarkan.

“Ya ada beberapa orang karyawan ditetapkan tersangka tapi masih dilakukan pemeriksaan. Kalau tidak salah ada 4 atau lebih kemungkinan. Nanti saja, karena masih dalam pemeriksaan para penyidik Polres”,kata Frido.

Saat ditanya lagi modus penyalahgunaan penyaluran uang kredit di PT BRI tersebut, Kapolres mengatakan para karyawan BRI itu membuat data masyarakat selaku nasabah yang diduga fiktif. “Jadi kalau nasabahnya fikitf, ya sudah tentu yang membayar kreditpun tidak ada sehingga mengakibatkan kerugian uang negara”, ucap Frido.

Informasi yang dihimpun wartawan, kasus dugaan penyaluran kredit usaha pedesaan (Kupedes) di PT BRI Rantauprapat, Unit Aek Pamingke,Kecamatan Aek Natas, Labura itu macet mulai tahun 2014 diduga permainan para pegawai bank BUMN tersebut sehingga merugikan keuangan Negara Rp 2,6 miliar lebih.

Para karyawan/pegawai bank itu yang ditetapkan tersangka antara lain, dua Kepala Unit BRI Aek Pamingke yaitu HS warga Jalan Batu Sangkar,Rantauprapat, ZL warga Jalan Panah, Rantauprapat dan 2 pegawai/karyawan BRI yaitu, RT dan A. Para Karyawan bank ini serta kepala unit bank tersebut diduga membuat puluhan nasabah masyarakat seolah-olah melakukan permohonan kredit usaha pedesaan dengan jumlah pinjaman uang yang bervariasi

Pemohon pinjaman yang fiktif itu ada sekitar 50 orang lebih sehinga jika dikumpulkan uang pinjaman itu sekira Rp 2.693.000.000 lebih. Jadi pada pengembalian kredit pinjaman tersebut awalnya berjalan 1 atau 2 bulan dan setelah itu tidak ada lagi.

Rupanya, puluhan pemohon masyarakat itu siluman sehingga yang menerima uang yang dicairkan itu para karyawan bank itu sendiri. Akibatnya kerugian negara sebanyak Rp 2,6 miliar lebih. (WSP/c07/I)

One thought on “4 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Rp 2,6 Miliar Kupedes PT BRI

  1. Suzhi Mei

    Bolavada Promo HUT RI
    Kami segenap dari Bandar Betting Bolavada mengucapkan Selamat Hari Raya Kemerdekaan Bangsa Indonesia
    – Bonus Deposit Tambahan 50%
    – Dan masih banyak lagi
    Hubungi Kami dan Segera Daftarkan diri Anda di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>