30 Calhaj Karo Ingin Erupsi Sinabung Berakhir

      1 Komentar

HajiJamaah calon haji asal Deliserdang antre untuk mengambil makanan ringan setibanya di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Senin(7/8). ( Repro/ WSP /Rizky Rayanda/C )

MEDAN ( Berita ) : Sebanyak 30 orang jamaah calon haji (Calhaj) asal Kab.Karomasuk Asrama Haji, Selasa (8/9) ini. Mereka meninggalkan kampung halaman yang sedang dirundung malang akibat erupsi Gunung Sinabung sejak tahun 2010 sampai sekarang.
“Ya, semua Calhaj yang berangkat sudah ikhlas dan tegar meninggalkan kampung halaman. Mereka pun akan berdoa untuk Kab. Karo agar musibah erupsi Gunung Sinabung cepat berakhir,” kata Kepala Kantor Kemenag Kab.Karo Dur Brutu, Senin(7/8).

Dijelaskannya, seluruh Calhaj telah mendapatkan pembekalan secara khusus terkait pelaksanaan ibadah haji. “Walaupun hujan abu terus berlangsung, namun Calhaj tidak patah semangat dalam kegiatan manasik,”katanya, kemarin. Calhaj Kloter 12 adalah gabungan dari Calhaj Padanglawas dan GunungSitoli.

Kota Binjai

Sementara itu, Senin pagi kemarin, Kloter 10 asal Binjai, dilepas secara resmi oleh Wakil Wali Kota Binjai,Timbas Tarigan. Dalam pidatonya di Madinatul Hajj Asrama Haji Embarkasi Medan. Hadir Plt Kepala Kantor Kemenag Binjai Abdul Manan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Medan Ahmad Qosbi, Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Drs Muslim serta undangan lainnya.

Timbas Tarigan menyampaikan agar Calhaj berniat melaksanakan ibadah haji hanya karena Allah SWT. “Kalau kita tulus dan ikhlas melaksanakan ibadah haji karena Allah SWT, Insya Allah segala sesuatunya akan dimudahkan,” katanya.

Dia juga berpesan,agar Calhaj harus memperbanyak sabar karena selama di tanah suci nanti akan mendapat banyak ujian dan tantangan. “Serahkanlah segala sesuatunya kepada Allah SWT, mudah-mudahan beban akan menjadi ringan,” ungkapnya.

Petugas yang menyertai jamaah haji khususnya petugas kesehatan agar melayani jamaah haji dengan baik, karena 30 persen jamaah calon haji Kloter 10 Embarkasi Medan ini adalah jamaah Risiko Tinggi (Risti)

Utuh

Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Muslim mengatakan, jamaah Calhaj Kloter 10/MES berjumlah 393 orang berasal dari Binjai 315 orang, Medan 61 orang, Deli Serdang 6 orang, Langkat 1 orang, TPHD Kota Binjai 2 orang, TPHD Kota Medan 2 orang, TPHD Tebing Tinggi 1 orang, TPHI 1 orang, TKHI 1 orang dan TPIHI 3 orang.

“Kloter 10 ini, Calhajnya utuh berangkat, ” kata Muslim sembari menambahkan, sampai dengan keberangkatan kloter 10 Calhaj Embarkasi Medan yang sudah diberangkatkan ketanah suci berjumlah 3.889 orang (45,94 %) dan yang belum diberangkatkan berjumlah 4.592 orang (54,24 %).

Calhaj Deliserdang

Sementara itu, kedatangan Calhaj Kloter 11 asal Deliserdang yang seharusnya masuk asrama pukul 11 siang, namun jamaah ada yang tiba pukul 08.00. Itu menyebabkan beberapa jamaah belum mendapatkan nomor manifest, sehingga petugas yang melakukan proses masuk asrama mendahulukan yang sudah punya manifest.

“Ya, karena kami Deliserdang tapi lebih dekat ke Medan,makanya langsung ke Asrama Haji saja. Ternyata prosesnya siang,”kata Ahmad Calhaj Kloter 11 yang harus menunggu proses masuk asrama hingga selesai shalat juhur.

Pantauan Wartawan , petugas penerimaan Calhaj,harus memproses jamaah tidak berurutan, karena ada Calhaj yang belum mendapatkan nomor manifestnya. Sehingga, Calhaj yang sudah selesai proses masuk asrama, sebelum ke klinik kesehatan dianjurkan makan siang terlebih dahulu karena waktu sudah menunjukan 1:30 WIB. Hari ini, Selasa (8/8), Calhaj Deliserdang akan berangkat ke Tanah Suci dijadwalkan take off dari Bandara Kualanamu Deliserdang, pukul 10.55 WIB.(WSP/m37/h02/cru/J)

One thought on “30 Calhaj Karo Ingin Erupsi Sinabung Berakhir

  1. Suzhi Mei

    Bolavada Promo HUT RI
    Kami segenap dari Bandar Betting Bolavada mengucapkan Selamat Hari Raya Kemerdekaan Bangsa Indonesia
    – Bonus Deposit Tambahan 50%
    – Dan masih banyak lagi
    Hubungi Kami dan Segera Daftarkan diri Anda di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>