MUI Berharap Fatwa Masuk Dalam Rangkaian Perundangan

      1 Komentar

* Sangat Diperlukan Aturan Agama

MEDAN ( Berita ) : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan berharap fatwa-fatwa yang dikeluarkan ulama bisa ikut dalam rangkaian perundang-undangan di Indonesia. Apalagi fatwa sangat dibutuhkan sebagai pendampingan masyarakat menghadapi berbagai persoalan dan memberikan putusan terhadap hal-hal yang dipentingan dalam kehidupan berbangsa.
Hal ini dikatakan Ketua MUI Medan Prof. Dr. H. Muhammad Hatta, saat tampil sebagai narasumber di acara seminar Eksistensi Fatwa Dalam Bingkai Hukum Nasional, yang diselenggarakan Komisi Fatwa MUI Medan, Minggu (6/8).

Hadir sebagai narasumber lainnya, Wakil Ketua MUI Medan yang juga pakar hukum Dr.H. Abdul Hakim Siagiam, dan Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Medan Dr. H. Ahmad Zuhri. Acara itu dihadiri peserta pengurus MUI kecamatan se Kota Medan, tokoh ulama dan mahasiswa.

“Fatwa MUI selama ini sangat diharapkan menjawab berbagai persoalan, meski disisi lain sering dilecehkan atau seperti dibenci tapi dirindu. Banyak fatwa ulama yang tidak disukai oleh masyarakat dan pemerintah,” ujar Prof. Hatta. Namun begitupun, kata Hatta, kebutuhan fatwa ulama begitu besar sebagai pendampingan berbagai persoalan.

Karena fatwa menjawab dan memberi penjelasan kepada umat sesuai kaidah-kaidah Islam. “Fatwa sering tidak diikutkan dalam perundangan di Indonesia ini. Bahkan seringkali dilecehkan oleh umatnya sendiri.

Contoh fatwa larangan merokok,malah dinyatakan MUI membuat fatwa tidak bermanfaat,karena masih banyak kebutuhan fatwa lain yang diinginkan masyarakat,” tukasnya.

Pemahaman terhadap fatwa sendiri ini, lanjut Hatta,dimunculkan oleh perimbangan hukum yang dilakukan dari pemberi fatwa. Meski tidak selalu fatwa dapat menjawab persoalan dengan gamblang, sehingga diharapkan ulama harus berhati-hati memberikan fatwa.

“Jangan sampai member fatwa berakibat tidak baik pada agama kita. Memang, kondisi sekarang ini dibutuhkan adanya pendampingan dalam memutuskan persoalan yang terkadang Pemerintah sulit mengambil keputusan,” imbuhnya.

Perlu Aturan Agama

Sementara itu, Dr. H .Abdul Hakim Siagian, menyatakan manusia merupakan makhluk sosial sehingga terkadang punya rasa yang lebih serta godaan-godaan duniawi lainnya yang tidak baik, sehingga sangat diperlukan aturan yakni aturan agama.

Selain Alquran dan Hadits, fatwa yang dikeluarkan MUI tidak punya alasan untuk diragukan. Ini merupakan hukum yang mengikat untuk umat Islam. “Tapi fatwa yang dikeluarkan itu juga jangan boros atau harus lebih irit. Namun dengan konteks kekinian peran peradaban sekarang ini, mau tidak mau ulama harus pro aktif bertindak melindungi umat,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, karena MUI sebagai pewaris nabi maka fungsi MUI sebagai pember ifatwa (mufti) perlu disederhanakan dalam menjawab tantangan dan ulama harus lebih progresif dan responsif sebagai pembimbing dan pelayan umat.

“Fatwa dibutuhkan sepertihari ini semua regulasi syariah baik bisnis dan perbankan menggunakan fatwa MUI dan seluruh UU yang berkaitan dengan umat islam yakni zakat, pernikahan, warisan dan lainnya menunggu fatwa MUI agar dapat efektif dilaksanakan,”terangnya.

Dr. H. Ahmad Zuhri, menyatakan, fatwa dalam bahasa Arab artinya nasihat. Dan ada lima surah dalam Alquran mengenai ayat-ayat fatwa. Yakni Surat An Nisa, Al Baqarah, Al Maidah, Al A’raf dan Al Anbiyah. “Selama ini lahirnya UU tentang keberadaan Fatwa MUI dalam kasus-kasus tertentu seperti penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal, hukum mati bagi pelaku kriminal dan lainnya,”kata Zuhri.

Sebelumnya Ketua Panitia Seminar, DR H Amar Adly LCMA menjelaskan, melalui seminar Eksistensi Fatwa Dalam Bingkai Hukum Nasional ini diharapkan fatwa yang telah dikeluarkan MUI bisa masuk dalam konteks perundang-undangan di Indonesia.

Karena hukum di Indonesia ini memakai sistem hukum Belanda, Islam dan adat. “Fatwa ulama sangat dibutuhkan oleh umat untuk menjawab berbagai persoalan ditengah masyarakat,” tuturnya. (WSP/m38/I)

One thought on “MUI Berharap Fatwa Masuk Dalam Rangkaian Perundangan

  1. Suzhi Mei

    Bolavada Promo HUT RI
    Kami segenap dari Bandar Betting Bolavada mengucapkan Selamat Hari Raya Kemerdekaan Bangsa Indonesia
    – Bonus Deposit Tambahan 50%
    – Dan masih banyak lagi
    Hubungi Kami dan Segera Daftarkan diri Anda di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>