Gempa Tektonik Guncang Padangsidempuan

      1 Komentar

MEDAN (Berita): Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si, M.Si mengungkapkan, wilayah Kota Padangsidempuan kembali diguncang gempabumi tektonik, Selasa (1/8) pukul 11:39:57 WIB.

Disebutkannya, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3.3 dengan posisi episenter pada koordinat 1,40 LU dan 99,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 21 km arah TimurLaut dari Padangsidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 23 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Padangsidempuan dan Aekgodang dengan intensitas gempabumi I SIG-BMKG (II MMI).

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempabumi ini berada pada Zona Sesar Sumatera pada Segmen Angkola, karakteristik sinyal gempabumi ini menunjukkan gempabumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan jenis gempabumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi. “Masyarakat disekitar wilayah Kota Padangsidempuan agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab,” ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG. “Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tegasnya lagi.

Lakukan Sosialisasi dan Simulasi

Mengingat belakangan ini sering terjadi gempa bumi, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis berharap kepala BPBD Kabupaten Tapsel dan Kota Padangsidimpuan melakukan sosialisasi dan simulasi kegempaan (tektonik) kepada masyarakat.

“Kita berharap pihak BPBD Kabupaten Tapsel dan Kota Padangsidimpuan melakukan sosialisasi ke sekolah, permukiman, gedung, rumah sakit, dan lain-lain. Ini sebagai upaya kesiapsiagaan,” ujarnya.

Menurutnya jika sosialisasi dan simulasi itu dilakukan maka masyarakat dan dunia usaha memiliki pengetahuan dan terhindar dari korban dan kerugian. (aje)

One thought on “Gempa Tektonik Guncang Padangsidempuan

  1. Suzhi Mei

    (BOLAVADA) Promo Kemerdekaan Indonesia

    Bonus Tambahan 50% Freebet Khusus Poker Selama Bulan Agustus

    Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari Khusus Poker Bolavada
    – Deposit 100.000 Freebet 10.000 + 5.000 = 15.000
    – Deposit 500.000 Freebet 50.000 + 25.000 = 75.000
    – Deposit 1.000.000 Freebet 100.000 + 50.000 = 150.000
    – Syarat Withdraw 1 x Turn Over
    – Tidak Bermain Safety Bet

    1-31 Agustus 2017

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>