Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut Di Medan Alami Kenaikan

      Tidak ada Komentar

MEDAN (Berita): Harga ikan di Kota Medan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, kenaikan harga ikan disebabkan cuaca di laut yang sejak beberapa waktu belakangan ini buruk sehingga membuat nelayan enggan melaut.

Toha, 39, pedagang ikan di Pasar Seikambing, mengaku kalau kenaikan harga ikan terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Selain harga yang melonjak, beberapa jenis ikan mulai susah didapat. Kenaikan harganya berpariasi, mulai dari Rp5 ribu sampai Rp15 ribu per kg.

Menurutnya, harga ikan yang mengalami kenaikan diantaranya ikan merah ukuran kecil yang sebelumnya dijual Rp21 ribu sekarang menjadi Rp26 ribu, ikan dencis yang sebelumnya Rp20 ribu menjadi Rp27 ribu, ikan kakap merah sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp70 ribu, ikan tongkol yang sebelumnya Rp22 ribu menjadi Rp28 ribu, ikan kakap putih sebelumnya Rp100 ribu menjadi Rp120 ribu, termasuk juga cumi yang sebelumnya Rp45 ribu naik menjadi Rp55 ribu perkilonya.

“Kenaikan harga ini karena cuaca buruk, jadi nelayan kebanyakan tidak melaut karena terlalu beresiko, makanya lapak pedagang ikan banyak yang kosong,” katanya Senin (31/7).

Akibat kenaikan harga ikan otomatis membuat pemasukan pedagaang ikan menurun, lantaran konsumen yang membatasi jumlah pembelian ikan segar. “Ditambah lagi kita baru saja lebaran dan ajaran baru anak sekolah, jadi masyarakatpun malas beli bahan pangan jika harganya mahal” ujarnya.

Sementara Desi, 47, ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Helvetia mengaku kalau harga ikan di Medan mengalami kenaikan sejak beberapa pekan belakangan. Ia menilai kenaikan diduga karena cuaca buruk sehingga nelayan banyak tidak melaut. “Mungkin nelayan banyak tidak melaut, jadi stok ikan berkurang makanya harganya jadi mahal,” katanya.

Ia berharap agar harga ikan dapat kembali normal dan berharap cuaca kembali membaik, agar para nelayan dapat melaut sehingga stok ikan dipasaran banyak dan hargapun tidak mahal lagi. (wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>