Medco Tetap Jalan Meski Diprotes

      3 Komentar

* DPD-RI Gagal Temui Manajemen Medco

IDI ( Berita ) : Protes dan aksi penghadangan yang dilakukan masyarakat baru-baru ini terhadap tenaga kerja asal luar Aceh di PT Medco E&P Malaka, diharapkan tidak menjadi biang gangguan hingga menunda tahapan eksplorasi dan jadwal produksi Minyak dan Gas (Migas) di BlokA, Kab. Aceh Timur. “Subcon Medco kita harap terus menyelesaikan pekerjaan sesuai kontraknya.
Namun jangan sampai gara-gara aksi penghadangan tenaga kerja luar Aceh oleh masyarakat sekitar lingkar tambang mengganggu jadwal produksi Migas, karena aksi masyarakat itu gara-gara hak masyarakat kurang diakomodir sesuai komitmen awal,”kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib kepada Wartawan, Jumat (28/7).

Protes masyarakat terhadap komposisi tenaga kerja akhir pekan lalu, menurut Rocky, PT Medco melalui Subconnya perlu mererekrut tenaga kerja sesuai komitmen yang telah disepakati sebelumnya, baik melalui forum keuchik atau pihak mupika dari beberapa kecamatan.

Proyek Migas di Blok A, lanjut bupati, semua pihak harus diuntungkan baik PT Medco,negara atau masyarakat disekitar wilayah lingkar tambang.“Medco tidak boleh main-main lagi, apalagi produksi dijadwalkan tahun 2018. Jika medco sudah mulai produksi, maka kita yakin ekonomi masyarakat akan lebih bangkit,” katanya.

Rocky juga meminta, PT Medco harus segera mempertegas ke Subcon sebagai rekanan dari PT Medco. “Soal tenaga kerja harus ditertibkan dan masyarakat sekitar lingkar tambang tetap harus menjadi prioritas,”tegas Rocky.

Disinggung soal tenaga skil menjadi kebutuhan utama diproyek Migas itu, lagi-lagi mantan gerilyawan GAM itu mengatakan telah menyampaikan ke Medco agar merekrut masyarakat sekitar untuk dilatihdi Balai Latihan Kerja (BLK) lalu diberdayakan sesuai komposisi yang dibutuhkan.

“Proyek Migas ini harus jalan, karena kedudukan Medco di Blok A menentukan investasi lain yang hendak masuk ke Aceh,” kata Rocky seraya mengharapkan semua pihak mendukung keberadaan Medco di Aceh, dengan tujuan membangkitkan ekonomi masya-rakat.

Gagal

Setelah gagal menemui manajemen PT Medco E&P Malaka di Blok A, Kab. Aceh Timur,Komite II DPD-RI rencananya akan memanggil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ignasius Jonan, untuk menyampaikan berbagai persoalan yang melilit di Blok A.

“Ternyata banyak masalah di Blok A, mulai dari persoalan penerimaan tenaga kerja hingga Kontrak Kerja Sama (KKS) antara Medco dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Jadi, persoalan ini akan kita bawa ke Jakarta, untuk kita bahas bersama Kementerian ESDM,” ujarH. Sudirman, anggota Komite II DPD-RI, ketika meninjau Proyek Migas Blok A di CPP Blang Nisam, Kec. Indra Makmur, Kamis (27/7).

Sebelumnya, dia juga bertemu dan duduk bersama masyarakat lingkar tambang dan muspika setempat serta sejumlah eks pekerja dari Subcon PT Medco. Dari berbagai hal, muncul persoalan yang menonjol antara lain terkait tenaga kerja dari luar Aceh, isu pemecatan karyawan kontrak dan tenaga kerja lepas.

“Kita mengunjungi Blok A ini karena memiliki kapasitas di Komite II DPD RI. Tapi kita gagal kita jumpai managemen mereka dengan alasan tidak berada di tempat,” ujar H. Sudirman.

Secara terpisah, Direktur Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin, SH, menjelaskan, pihaknya akan mengirimkan surat ke Kementerian ESDM dan PT Medco E & P Malaka, dengan tujuan berbagai persoalan di tubuh Subcon Medco ditindaklanjuti, seperti dampak destruktif atas penggunaan infrastruktur public berupa jalan hilir mudik operasional dan mobilisasi material konstruksi.(WSP/b24/I)

3 thoughts on “Medco Tetap Jalan Meski Diprotes

  1. Brianna Kyla

    S1288POKER – Master Agen Poker dengan server Anti ROBOT

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  2. Brianna Kyla

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  3. Suzhi Mei

    (BOLAVADA) Promo Kemerdekaan Indonesia

    Bonus Tambahan 50% Freebet Khusus Poker Selama Bulan Agustus

    Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari Khusus Poker Bolavada
    – Deposit 100.000 Freebet 10.000 + 5.000 = 15.000
    – Deposit 500.000 Freebet 50.000 + 25.000 = 75.000
    – Deposit 1.000.000 Freebet 100.000 + 50.000 = 150.000
    – Syarat Withdraw 1 x Turn Over
    – Tidak Bermain Safety Bet

    1-31 Agustus 2017

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>