Pemerintah Aceh Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan Aceh Timur-Galus

      3 Komentar

AcehBupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib (tengah) didampingi Asisten Pemerintahan Zahri(tiga kanan) dan Kadis PUDPR Ir Mahyuddin (dua kiri) meninjau jalan penghubung antar kabupatendari Lokop – Pinding di Desa Lelis, Kec. Serbajadi, Selasa (25/7) lalu. (Repro/ WSP/M. Ishak/B )

IDI ( Berita ) : Pemerintah Aceh diminta memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antar kabupaten, mulai dari Peureulak, Aceh Timur ke Blangkejeren, Gayo Lues. Hal itu penting mengingat kondisi jalan sepanjang 140 kilometer itu dalam terancam, bahkan sejumlah titik terancam putus.
Dalam sepekan terakhir, Kamis (27/7) kondisi badan jalan mulai dari Kecamatan Peunarun, Serbajadi (Aceh Timur) hingga tembus ke Pinding (Galus) tertimbun longsor dan beberapa titik amblas.

Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib (Rocky) meninjau langsung kondisi jalan menuju arah pedalaman itu, Selasa (25/7), bersama Asisten Pemerintahan Drs Zahri, M. AP, Asisten Administrasi Umum Safrizal, SH, M.AP dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah dan Perumahan Rakyat Ir Mahyuddin.

Awalnya kehadiran Bupati untuk mengecek program 100 hari kerjanya bersama wakil bupati, dengan sasaran pembukaan jalan antardusun, antardesa hingga jalan tembus ke pusat ibukota kecamatan serta normalisasi alur.

Namun ketika alatberat dipasok ke Peunarun dan Lokop, ternyata harus membersihkan puing-puing dan sampah sisa banjir dan tanah longsor yang menimbun badan jalan. Untuk dapat dilintasi, alat berat itu pun harus membuka jalan alternatif lain karena jalan amblas. “Longsor bukan satu dua titik, tetapi sudah mencapai puluhan titik hingga menutupi badan jalan, begitu juga jalan amblas hampir sepanjang jalan Peunarun hingga ke Lokop tembuske Pinding.

Kondisi ini sangat memprihatinkan danbutuh perhatian dan keseriusan Pemerintah Aceh,karena jalan ini tanggungjawab Pemerintah Aceh. Kita yakin Gubernur Aceh akan meninjau jalan ini dalam waktu dekat,”ujar Rocky.

Di sisi lainsebagai solusi,jika Gubernur Aceh tidak mampu membangun dan merawat jalan penghubung antar kabupaten itu, sebaiknya status jalan ditingkatkan menjadi jalan nasional,sehingga pembangunan danperawatan tidak lagi menjadi tanggungan APBA, tetapi dibebankan ke APBN. “Bukan sebatas jalan,tapi pembangunan harus disertai tebing sebagai menahan tanah agar tidak amblas,” tambah Rocky.

Jalan alter-natif itu, lanjutdia, selama ini dimanfaatkan pengguna jalan dari Blangkejeren (Galus) ke Peureulak (Aceh Timur). Begitu juga dengan petani dan pekebun nantinya memudahkan dalam mengeluarkan berbagai hasil alam, seperti karet, sawit, jagung, padi, kedelai atau kopi.

“Kita akui selama ini pihak provinsi sudah berupaya membangun jalan dan jembatan sepanjang Lokop hingga tembus ke Pinding,tetapi anggaran dialokasikan dari tahun ke tahun sangat minim,bahkan terkesan kawasan pedalaman tidak menjadi prioritas pihak provinsi,” ujar Rocky.

Harapannya juga, para wakil rakyat di DPR Aceh, khususnya Dapil Aceh Timur tidak tinggal diam melihat kesengsaraan masyarakat di Peunarun, Lokop hingga Pinding. “Perjuangkan aspirasi masyarakat, sehingga ke depan jarak dari Idi ke Lokop dapat ditempuh antara 2 hingga 2,5 jam perjalanan darat menggunakan roda empat,” katanya.

Ke depan juga, pembangunan jalan dan jembatan serta tebing di jalan lintas Peureulak ke Pinding harus diprioritaskan dalam Program Kerja Gubernur/Wakil Gubernur Aceh 2017-2022.

Bahkan Pemkab Aceh Timur siap mengawal pekerjaan tersebut sehingga realisasi APBA tidak sia-sia. “Di saat jalanini tidak segera ditangani, maka jalan alternatif ini akan putus total dan puluhan ribu masyarakat akan terkurung dan terancam kelaparan,” sebut Rocky.

Ia menyebutkan, kondisi jalan yang rusaknya tergolong parah kerap mengakibatkan kecelakaan, karena tiap hari berbagai jenis angkutan melintas jalan tersebut dari Peureulak ke Blangkejeren. “Jika kondisi jalan bagus, maka perjalanan dari Blangkejeren ke Medan atau ke Banda Aceh menghemat waktu 6-8 jam. Oleh karenanya, harapan kita pembangunan jalan Lokop menjadi prioritas pembangunan pemerintah Aceh,” ujar Rocky lagi.

Camat Serbajadi Lokop Drs Ahmad, MM mengatakan, jalan tersebut manfaatnya untuk mengeluarkan berbagai hasil bumi, karena masyarakat rata-rata berprofesi sebagai pekebun dan petani. “Selama ini harga hasil alam petani kita anjlok karena terkendala transpor tasi.

“Lokop ini jauh dari Idi, Pusat Ibukota Pemkab Aceh Timur, sehingga perlu dibangun jalansecara sempurna hingga ke Pinding,” katanya.Berlian, tokoh masyarakat di sana mengatakan, sejak merdeka hingga kini pembangunan jalan yang dilakukan Pemerintah Aceh belum kunjung selesai.

Bahkan pembangunan yang mulai digalakkan sejak 2008 hingga 2017 belum kunjung selesai, kecuali hanya beberapa titik jembatan mendekati perbatasan antara Lokop dengan Pinding.

“Selama ini kami sengsara dengan kondisi jalan yang kerusakannya cukup parah. Jika PemerintahAceh tidak sanggup mengurus dan merawatnya, maka lebih baik dialihkan menjadi jalan nasional, sehingga pembangunan dan perawatan nantinya akan dialihkan ke APBN,”kata Berlian mengharapkan pemerintah tidak memandang Lokop sebelah mata, karena Lokop juga bagian wilayah Aceh. (WSP/b24/J)

3 thoughts on “Pemerintah Aceh Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan Aceh Timur-Galus

  1. Midori Putri

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  2. Brianna Kyla

    S1288POKER – Master Agen Poker dengan server Anti ROBOT

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  3. Suzhi Mei

    (BOLAVADA) Promo Kemerdekaan Indonesia

    Bonus Tambahan 50% Freebet Khusus Poker Selama Bulan Agustus

    Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari Khusus Poker Bolavada
    – Deposit 100.000 Freebet 10.000 + 5.000 = 15.000
    – Deposit 500.000 Freebet 50.000 + 25.000 = 75.000
    – Deposit 1.000.000 Freebet 100.000 + 50.000 = 150.000
    – Syarat Withdraw 1 x Turn Over
    – Tidak Bermain Safety Bet

    1-31 Agustus 2017

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>