Mengayam Tikar sembari Ngopi

      3 Komentar

anyamSejumlah ibu rumah tangga bergadang hingga dini hari, melakukan aktivitas mengayam demi mengai rejeki untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarga. Kamis dini hari (27/7) ( Berita Sore/Husaini Amin )

KUTACANE (Berita) : Sejumlah Ibu rumah tangga warga  desa Kute Pangguh Kecamatan Lawe bulan,kabupaten Aceh Tenggara Provinsi Aceh,  tetap beraktivitas di malam hari mengayam tikar dari daun pandan hingga dini hari sembari menikmati kopi.

Kamis dini hari (27/7), tampak sejumlah ame- ame (Ibu rumah tangga) tengah beraktivitas seperti biasanya mengais rejeki dengan mengayam tikar dari daun pandan hingga mengabiskan waktu hingga pukul 02.wib.

Cerita itu berlangsung akrab ditengah mereka beraktivitas, keluh dan kesah mereka kian miris tak kala ibu-ibu itu bercerita terkait masalah ekonomi yang menerpa mereka, kendati bekerja hingga pagi tak banyak mereka bisa mengais rejeki, pendapatan mereka perminggunya hanya 150 rb jika di genapkan perbulannya hanya sekitar Rp 600 ribuan.

Kata mereka penghasilan itu bisa menopang jajan anak yang tengah bersekolah dan tambahan kebutuhan dapur, demikian curhat Nurani,47 dan Masni,42 warga Kute Pangguh, gimana kami ngak kerja begini  dari mana anak kami bisa sekolah dan makan kalau tidak mencari uang untuk biaya hidup.

Untuk mendapatkan bahan ayaman, kami harus membeli  daun pandan dari luar desa, terkadang penghasilan kita jauh dari harapan, beginilah kehidupan kami yang miskin ini, tanah ngak punya untuk berladang, berkolam ya mau tidak mau, suka tidak suka kami harus bekerja keras, kata bu nurani sembari minum kopi dengan nada lirih.Kopi ini kerap menemani kami untuk mencegah datangnya rasa kantuk, Kata Ibu Nurani

Dibilang capek ya jelas menguras tenaga, terkadang karna terbatasnya waktu  kami hanya bisa menyelesaikan 2 hinga 3 lembar tikar saja, kata Masni dengan wajah lelah, jelas penghasilan ini tidak cukup tapi demi tambahan sesuap nasi, kami harus jalani katanya.

Pengakuan mereka hingga saat ini, arah pembinaan untuk pengerajin tikar di kampung ini belum ada kami terima baik dari Pemdes dan Pemda setempat, kami berharap pihak terkait bisa memberikan bantuan berupa modal usaha yang bisa mendukung usaha Ayaman kami,

Kepala Kecamatan wilayah lawe Bulan via Sekwilcamnya Tahiruddin,SE menjawab Berita kamis (27/7) mengatakan pihaknya masih tetap mengingatkan kepada pihak pemdes untuk bisa menyisihkan dana desa untuk pembinaan kaum Gender yang juga tulang punggung ekonomi keluarga, smoga keluhan seperti ini bisa membuka mata, teliga kita dan pihak terkait dalam memperjuangkan nasib ame-ame di kabupten Aceh Tenggara kata Tahiruddin singkat.

Pantauan Berita Aktivias menganyam dari kalangan  Ibu rumah tangga, masih tersebar di beberapa wilayah pedesaan dan wilayah kecamatan, mereka korbankan waktu istirahat demi mengais sesuap nasi.(aie/jp).

3 thoughts on “Mengayam Tikar sembari Ngopi

  1. Claudia Bella

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  2. Brianna Kyla

    S1288POKER – Master Agen Poker dengan server Anti ROBOT

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply
  3. Suzhi Mei

    (BOLAVADA) Promo Kemerdekaan Indonesia

    Bonus Tambahan 50% Freebet Khusus Poker Selama Bulan Agustus

    Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari Khusus Poker Bolavada
    – Deposit 100.000 Freebet 10.000 + 5.000 = 15.000
    – Deposit 500.000 Freebet 50.000 + 25.000 = 75.000
    – Deposit 1.000.000 Freebet 100.000 + 50.000 = 150.000
    – Syarat Withdraw 1 x Turn Over
    – Tidak Bermain Safety Bet

    1-31 Agustus 2017

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>