Islam Masuk Melalui Aceh Barat Selatan

      Tidak ada Komentar

NAGAN RAYA ( Berita ) : Seorang mahasiswa calon doktor Malaysia asal Nagan Raya, Said Achmad Kabiru Rafiie berasumsi, awal mulanya agama Islam masuk ke Indonesia melalui masyarakat yang berdomisili di pantai barat dan selatan Aceh.
Said menduga, wilayah pesisir barat selatan Aceh hamparan laut lepas Samudera Hindia yang dilintasi masyarakat Turki dari Timur Tengah, India dan Yaman guna melakukan perdagangan disertai misi penyebaran agama Islam.

“Jika kita melihat letak geografis Aceh Barat Selatan yang berbatasan dengan laut lepas Samudra Hindia, kita bisa berasumsi Islam pertama masuk ke Indonesia melalui Aceh Barat Selatan,” katanya kepada Wartawan, Selasa (11/7).

Said mengaku masih ragu dengan sejarah lama yang menyebutkan Islam pertama masuk ke Aceh melalui Samudera Pasai, karena kawasan itu teluk kecil yang berbatasan dengan Negara Malaysia, Singapura dan lainnya.

Said juga lebih meragukan lagi ketika Barus di Sumatera Utara diresmikan jadi pusat Islam,sebab kawasan itu dinilai masih berjauhan dengan laut sebagai lalu lintas warga mancanegara melakukan pelayaran berbisnis dan menyebarkan Islam. Itu sebabnya Said mengajak pakar sejarah meneliti kembali agar fakta historisnya terungkap dengan baik dan benar.(WSP/caj/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>