Indonesia Beri Beasiswa Perempuan Afghanistan

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) : Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan pemerintah Indonesia akan memberikan beasiswa pendidikan kepada perempuan Afghanistan yang ingin melanjutkan studi di Tanah Air.
“Saat pertemuan dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan Afghanistan, kami sampaikan beberapa hal, termasuk kerja sama pendidikan dan kesehatan. Untuk pemberdayaan perempuan bisa dapat beasiswa datang belajar S-2, S-3 di Indonesia,” kata dia di Jakarta, Jumat [19/5].

Perempuan Afghanistan, tutur Menteri Yohana, dapat memilih berbagai bidang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan pembangunan negaranya. Sebelumnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah memberikan beasiswa untuk puluhan pelajar Afghanistan dan kini pemerintah ingin melakukan hal serupa.

Selain beasiswa pendidikan, pemerintah juga ingin memberikan pelatihan singkat tiga bulan terkait pengarusutamaan gender. “Kami juga akan mengadakan pertukaran perempuan Indonesia ke Afghanistan dan perempuan Afghanistan ke Indonesia untuk saling belajar,” tutur Menteri Yohana.

Pihaknya akan menggelar rapat untuk berkoordinasi dengan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Luar Negeri. “Waktu saya masih 2,5 tahun lagi akan kejar apa yang bisa kami bantu. Kemenlu memberikan prioritas pada Afghanistan dan begitu juga Presiden Jokowi,” ujar dia.

Sementara dalam waktu dekat, pihaknya akan mengundang lima perempuan Afghanistan untuk mengetahui kebutuhan mereka di negara Asia Tengah itu.

Pada 15-16 Mei 2017 Menteri Yohana mengunjungi Afghanistan untuk bertemu dengan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani, Ibu Negara Rula Ghani dan Menteri Perempuan Afghanistan Delbar Nazari untuk membahas kerja sama di bidang pemberdayaan perempuan yang nota kesepahamannya telah ditandatangani pada 2012. Selain itu, ia juga menjadi pembicara utama pada simposium “Afghan Women, Messengers of Peace” di Kabul. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>