Lulusan UINSU Duta PT Tangkal Radikalisme

      Tidak ada Komentar

MEDAN (Berita): Lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) diminta untuk dapat menjadi pioner dan duta perguruan tinggi (PT) ini menangkal faham radikal yang berkembang ditengah masyarakat.
“Fenomena gesekan sosial kemasyarakatan, radikalisme dan bentuk-bentuk praktik intoleransi di Indonesia semakin marak terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini. Untuk itu lulusan UIN SU harus bisa menjadi pioner untuk menangkalnya,” kata Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman pada wisuda 1.441 lulusan universitas itu di Gedung Gelanggang Mahasiswa Kampus I Jalan Sutomo Medan, Kamis (18/5).

Rektor menegaskan, faham intoleransi, radikalisme dan terorisme bertentangan dengan ajaran Islam yang sangat cinta terhadap perdamaian sebagaimana makna Islam itu sendiri. Menurutnya, mewaspadai radikalisme tidak hanya radikalisme kalangan agama yang ingin mendirikan negara agama saja. Namun, juga radikalisme sekuler yang menghina agama, bahkan ingin menghilangkan peran agama dalam negara.

“Sebagai anak bangsa, kita harus menjadikan empat pilar yakni, Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR) dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. Dengan memegang teguh prinsip-prinsip Islam, saya harapkan lulusan UIN Sumut dapat menyebarkan salam perdamaian dan keharmonisan sosial dan ekonomi kepada masyarakat di lingkungan,” pintanya.

Menurutnya, penyebaran perdamaian itu supaya kehidupan keberagaman dan kebernegaraan di Indonesia tetap langgeng. Sebelumnya, Ketua Panitia Wisuda UIN Sumut 2017, Dr Zulham menyebutkan, pihaknya sengaja mengangkat tema ‘UIN Sumut sebagai pelopor 4 pilar’ karena situasi saat ini dianggap sudah sangat genting. Selain itu, tema wisuda kali ini menurutnya sangat perlu menggugah para lulusan bahwa kebangsaan ini milik bersama.

“Melalui tema tersebut, kita ingin para lulusan dapat mengkonsolidasikan 4 pilar tersebut kepada masyarakat. Sekaligus juga menegaskan kembali bahwa Perguruan Tinggi Keislaman Negeri menjadi pelopor 4 pilar. Kita berharap, alumni yang sudah tamat nanti bisa mensosialiasikan 4 pilar ini kepada masyarakat,” bebernya.

Pada kesempatan itu dia menyebutkan, 1.441 lulusan UINSU yang diwisuda itu meliputi lulusan program pendidikan sarjana Fakultas Dakwah & Komunikasi 164 orang, Ekonomi & Bisnis Islam 262 orang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 706 orang, Faklutas Syariah & Hukum 100 orang, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam 51 orang. Sedangkan, program pascasarjana 103 orang dan doktor 55 orang. (aje)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>