Mulai 1 Juli 2017, Bulog Tak Lagi Tangani Rastra

      Tidak ada Komentar

PARAPAT (Berita): Perum Bulog mulai 1 Juli 2017 tidak lagi menangani beras sejahtera (Rastra) atau dulu disebut beras miskin (Raskin), karena sejak tanggal itu penanganannya dialihkan pemerintah ke Kementerian Sosial (Kemensos). Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara Imran Rasidy Abdullah mengatakan hal itu kepada wartawan di Parapat Minggu (14/5).

“Jadi Bulog hanya menangani Rastra sampai Juni 2017,” tegas Imran. Oleh karena itu dia minta Pemkab/Pemko segera mengajukan Surat Permintaan olokasi (SPA) ke Bulog untuk penyaluran Rastra. “Sampai sekarang 10 kabupaten/kota belum mengajukan permohonan Rastra,” jelasnya.

Menurutnya jika sampai Juni 2017 tidak juga mengajukan Rastra reguler tersebut maka jatahnya akan hangus dengan sendirinya. Ia menyebut setelah ditangani Kemensos, semua Rastra berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dimana penerimanya memperoleh dana Rp110 per orang. Jadi tidak ada lagi nama Rastra.

Sebenarnya sejak Januari 2017 Bulog ikut menyalurkan BPNT yang resmi diluncurkan pemerintah pada 23 Pebruari 2017. Namun secara nasional baru disalurkan ke 44 kota melalui 9.000 Rumah Pangan Kita (RPK) yang ditunjuk. Dari jumlah itu, hanya satu di Medan yang diberikan kepada 80.421 melalui 170 RPK, yang otomatis tidak menerima Rastra.

Penerima BPNT mendapat beras 10 kg ( 2 karung kemasan 5 kg) dan 2 kg gula pasir (dua bungkus kemasan 1 kg). Total semuanya senilai Rp110.000. Sedangkan kabupaten/kota lainnya masih tetap menerima Rastra hingga Juni 2017.

Imran menyebut ke depan, penerima BPNT nanti tidak sebatas hanya mendapat jatah beras, gula pasir saja, tapi bisa komoditi lain senilai Rp110.000. “Untuk perubahan ini, Bulog pada 18 Mei 2017 sudah menyurati Pemkab Pemko di Sumut,” katanya.

Menurutnya, penyaluran Rastra di Sumut baru 25 persen. Sedangkan penyaluran BPNT dari Januari-April 2017 baru 20 persen. Dengan banyaknya stok beras dan gula, Imran menyebut pihaknya akan melaksanakan Optimalisasi Stabilitas Harga Pangan di beberapa titik di Sumut. Berbagai komoditi pangan.

Stok

Imran menyebut stok beras di gudang-gudang Bulog saat ini mencapai 67.000 ton, cukup aman hingga tahun depan. (wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>