Memaknai Semangat Gotong Royong Bersama Rakyat

      1 Komentar

Lap 2PANGKOSTRAD TNI Edy Rahmayadi berfoto bersama para penerjun payung didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, Inspektorat Jendral TNI AD Mayjen TNI Johny L Tobing, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni, Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol Murad Ismail, Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Assarpras Kapolri Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. ( Repro/WSP/Abdul Hakim/C )

* Catatan Penutupan TMMD Ke-98 Kodam I/BB Di Stabat, Kab. Langkat

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada awalnya dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan Pemerintah Daerah, serta Komponen Bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan, upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah tertinggal, terisolasi, maupun terbelakang.

TMMD sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan terorganisasi,memiliki maksud, tujuan dan manfaatnya tak saja bagi kepentingan Bangsa dan Negara terlebih lagi bagi Masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Awal penyelenggaraan TMMD atau AMD didasari Amanat Presiden Soeharto pada Hari Ulang Tahun ABRI XXXIII tanggal 5 Oktober 1978, yang secara garis besar mengajak segenap warga untuk meresapkan dan menghayati kembali Kemanunggalan TNI dan rakyat yang harus diperkuat demi suksesnya tugas sejarah yang diletakkan di pundak TNI. ABRI Masuk Desa dicanangkan Jenderal M Yusuf pertama kalinya ditahun 1980 dengan berbasis masyarakat dan hingga kini terus dilakukan di berbagai wilayah Kodam se-Indonesia.

Kamis 4 Mei 2017, Kodam I/BB menggelar perhelatan akbar dalam rangka penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang telah dilaksanakan Kodam 1 BB. Bertindak selaku Inspektur upacara Panglima Komando Strategi Angkatan Darat RI Letnan Jendral TNI Edy Rahmayadi yang dalam kesempatan ini mewakili Kepala Staf Angkatan Darat selaku penanggungjawab perogram.

Laporan khusus Waspada menggali lebih dalam TMMD ini dengan mewawancarai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat RI (Pangkostrad) Letjend TNI Edy Rahmayadi, anak Medan akrab disapa Bang Edy. Berikut simak wawancara Waspada Dewi Budiati: ( DB ) dengan Edy Rahmayadi: (ER)

Lap 4PANGKOSTRAD Letjen TNI Edy Rahmayadi bersama Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani dan pejabat TNI/Polri lainnya dalam acara penutupan penutupan TMMD di Stabat ( Repro/ WSP/Ibnu Kasir/B )

DB: Selamat siang bang,dapat abang ceritakan sedikitapa perbedaan antara TNIManunggal Membangun Desa (TMMD ) dengan ABRI Masuk Desa (AMD) dapat abang jelaskan ?

ER: Seiring dengan kebijakan pemerintah pasca reformasi, maka telah dipisahkannya managemen Kepolisian dengan TNI yang pada saat itu disebut Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI)) tepatnya pada 1 April 1999, dimana nama TNI tak lagi disebut ABRI tetapi menjadi TNI.
Maka sebutan ABRI Masuk Desa (AMD) diubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD),namun sistem dan tujuan serta pelaksanaanya kurang lebih sama yaitu bertujuanmempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sekalgus sebagai bakti TNI membantumeningkatkan kesejahteraan sekaligus mendorong sikap toleransi antar masyarakat dalam berbangsa, bernegara,dan semangat bela negara serta disiplin nasional.

Lap 3PANGKOSTRAD Letjen TNI Edy Rahmayadi diajak selfie beberapa gadis dalam acara penutupan TMMD di Stabat. ( Repro/ WSP/Ibnu Kasir/B )

DB: Misinya ?

ER: Melalui programTMMD ini TNI mempunyai misi yang mulia yakni mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotongroyong bahu membahu ini menyatakan semangat kebersamaan senasib sepenanggungan antara prajurit TNI dan rakyat yang menjadi rohnya dalam kesatuan dan persatuan NKRI.  Dengan adanya program TMMD, diyakini antar TNI dan masyarakat serta komponen lainnya yang ada di wilayah itu bersama-sama membangun semangat untuk Indonesia lebih baiklagi.

DB : Apa saja yang dikerjakan prajurit saat melaksanakan Program TMMD ini ? dan apa capaian yang sudah didapat ?

ER: Bila dilihat detail, tugas TNI tak hanya berupa tugas Operasi Militer Perang (OMP) saja, namun masih banyak tugas TNI lainnya yang tertuang dalam UU RI No. 34 tentang TNI, salah satunya pelaksanaan program TMMD ini.

Program TMMD ini sangatlah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat daerah terpencil, pelosok maupun tertinggal. Program TMMD merupakan komitmen TNI untuk meningkatkan kemaunggalan TNI dengan rakyat.

Sejauh ini program ini berhasil sangat baik dimana secara nyata masyarakat merasakan langsung manfaatnya mengingat TMMD ini tak saja mengerjakan berbagai pembangunan fisik infra struktur jalan dan bangunan, namun juga melakukan pembinaan mental spiritual bahkan mendorong sikap kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan yang juga bagian dari semangat bela negara.

DB: Manfaat lainnya ?

ER: Program TMMD ini juga sangat membantu percepatan pembangunan, terutama pembangunan di desa-desa terpencil yang mengalami kesulitan karena kondisi geografis, sehingga sulit dijangkau pembangunan.

Melalui program ini permasalahan tersebut dapat di atas ibahkan sangat menghemat pengeluaran anggaran pemerintah. Selain itu TMMD ini juga bagian integral dari strategi dasar Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam upaya membangun manusia Indonesia seutuhnya, bentuk konkretisasi kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang meningkatkan semangat sukarela mendukung tugas TNI manakala negara membutuhkan.

DB: Kelanjutannya apakah terbatas pada yang Abang uraikan di atas ?

ER : Tentunya TMMD ini terus berkembang sesuai kebutuhan zaman, perkembangan itu dapat dilihat dari turunannya yaitu lahirnya program-program manunggal lainnya seperti TNI Manunggal Pertanian, TNI Manunggal Aksara, TNI Manunggal KB dan Kesehatan, TNI Manunggal Sosial Sejahtera, TNI Manunggal Sembako dan TNI Manunggal reboisasi hutan dan pemeliharaan lingkungan hidup.

DB: Selain untuk kepentingan rakyat, apa manfaat yang didapat TNI sendiri ?

ER: Kalau bicara kepentingan dalam TNI tak ada kepentingan, selain kepentingan NKRI yakni ikut membantu otoritas sipil mewujudkan ruang juang, alat juang, kondisi juang yang tangguh dalam memberdayakan wilayah pertahanan sehingga mempunyai daya tangkal yang kuat bagi kemungkinan ancaman luar yang dapat merugikan NKRI, selanjutnya upaya menciptakan suasana NKRI kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, menyatukan TNI dan rakyat agar terjaganya rasa salingasah asih asuh di kalangan TNI dan masyarakat.

DB: Bagaimana prosesnya ?

ER: Program TMMD ini dimulai dengan proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran menggunakan metode bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral, serta melibatkan berbagai unsure berjenjang sejak dari tingkat Desa dan Kelurahan.

Sasaran-sasaran yang dipilihpun berdasarkan hitungan skala prioritas, kemudian diteliti lalu dipadukan dengan program pemerintah daerah, selanjutnya dibahas di forum DPRD untuk disyahkan menjadi Program Pembangunan Daerah.

DB: Seperti apa Payung Hukumn dan pendanaannya ?

ER: Yang menjadi paying hukum dan pendanaan program TMMD ini antara lain dilandasi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Undang-ndang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Undang-Undang Pemerintahan Daerah Nomor 32 tahun 2004, Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan Surat Menteri Dalam Negeri RI tentang Pedoman Penyususan Anggaran APBD untuk Program TMMD.

DB: Ada berapa jumlah personil dan dari kesatuan dan lembaga yang dilibatkan ?

ER: Personil – personil yang dilibatkan 33 Departemen dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang secara terpadu memasukkan acuan program masing-masing instansi ke dalam program kegiatan fisik atau non fisik di TMMD tersebut.

DB: Lalu kegiatan apa saja yang meliputi fisik dan nonfisik ?

ER: Kegiatan fisik antaralain membuka akses bagi daerah terisolir, atau pembukaan jalan desa baru, pembuatan atau perbaikan jembatan,pembuatan plat beton, talud, gorong- gorong, pembangunan dan perbaikan saranai badah, sarana kesehatan, poskamling dan lain-lain yang disesuaikan kebutuhan skala prioritas di desa.

Sedangkan kegiatan- kegiatan non fisik berupa kegiatan penyuluhan,bakti sosial seperti penyuluhan Wawasan Kebangsaan,penyuluhan Kamtibmas, Hukum dan Narkoba, pertanian, kesehatan lingkungan, pengobatan dan sunat missal gratis, pasar murah, bahkan hiburan berupa pemutaran film yang sifatnya perjuangan,serta aneka lomba kesenian,donor darah dan olahraga.

DB: Selain menjabat sebagai Pangkostrad, Abang juga menjabat sebagai Ketua PSSI bahkan kami melihat abang memberikan ratusan bola kaki ke masyarakat saat itu, apakah ada niat memasukan unsure mengembangkan sepak bola nasional dalam program TMMD ? TNI Manunggal Sepak Bola misalnya.?

ER: Hahaha…sebagai ketua PSSI tentunya tugas saya memajukan dan memasyarakatkan persepak bolaan tanah air, pastinya jadi pemikiran saya peluang apa saja yang bisa mendorong majunya persepakbolaan tanah air, apalagi Indonesia sangat kekurangan pemain bola, di dalam fikiran saya pasti banyak anak-anak muda tak hanya di kota-kota besar yang suka bermain bola, terfikir oleh saya bagaimana tiap desa juga harus ada lapangan bola.

Saya akan memikirkan cara-cara jitu efektive efisien, kalau kelak TMMD ini juga bisa diselaraskan dengan pembinaan sepak bola ditiap desa kenapa tidak, akan lebih hemat biaya, namun begitu saya akan merundingkannya terlebih dahulu dengan panglima TNI, serta lembaga-lembaga terkait termasuk kawan-kawan di DPR, gunanya untuk lebih membumikan spirit sepak bola nasional, mengingat masih banyak lahan di pedesaan untuk dibangunkan lapangan bola.

DB: Maaf Bang pertanyaan ini di luar konteks, banyak masyarakat Sumut berharap Abang selaku putra daerah Sumut bersedia dicalonkan maju dalam Pilgubsu 2018 yang akan datang.

Lap 1ER: Hahaha.. itu pertanyaan yang belakangan ini sering dilontarkan kepada saya, dan perlu saya jawab,selaku prajurit, seberat apapun medan tugas dan tantangan tugas harus bisa dilaksanakan dengan benar dan baik, kalau pada saatnya saya putuskan untuk maju, saya fikir itu syah syah saja, namun saya akan minta izin terlebih dahulu kepada atasan saya apakah saya diizinkan untuk minta percepatan pensiun.

Dan saya akan fikirkan matang-matang, tak mau gegabah. Kalaupun saya ikut mencalonkan diri di Pilgubsu 2018, itu juga hak politik saya, apa lagi Sumut kampung halaman saya, pasti-nya menjadi tanggungjawab moral saya selaku putra daerah Sumut untuk mengawalnya, dan ikut membangun martabatnya.

Namun balik lagi, saya tak mau gegabah karena saya prajurit yang tak boleh mengedapankan nafsu dan ambisi untuk sebuah jabatan, karena jabatan adalah amanah bukan ambisi semata, namun jadi apapun saya kelak, Sumut kampung halaman saya tak akan saya biarkan jatuh ketangan orang-orang yang tidak tepat, tanpa metode kepemimpinan yang pas untuk karakter wilayah Sumut yang heterogen.

Dan apa bila nanti muncul calon yang dianggap masyarakat luas pas untuk karakter Sumut maka sayaakan berdiri di depan mendorongnya. Apalagi calon yang benar-benar disenangi masyarakat, saya akan ikut mendorong. Karena pada prinsifnya saya hanya menginginkan Sumut lebih Bermartabat tak lebih.

DB: Bisa dipertegas Bang ?

ER: ( sambil bercanda) “Saya ini prajurit lagian ini kampung halaman saya…ada bagian tanggungjawab moral saya di dalamnya.. Prinsipnya saya tak keberatan dicalonkan. Terpulang pada kecerdasan masyarakat Sumut dalam memilih pemimpinnya kelak. Partai-partai juga sepertinya sudah semakin realistis dalam mengusung calon pemimpin. Untuk itu mari kita fikirkan Martabat Sumut itu terlebih dahulu…biarkan proses berjalan sebagaimana mestinya.. kalau takdir saya memimpin Sumut ke depan saya anggap itu bagian dari perjalanan pengabdian saya selaku prajurit. ***** ( Dewi Budiati Teruna J Said )

One thought on “Memaknai Semangat Gotong Royong Bersama Rakyat

  1. Claudia Bella

    Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..

    Gabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!

    Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.

    Minimal Deposit SUPER MURAH Rp.10.000,-

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>