Presiden : Kepala Daerah Optimalkan Tanaman Unggulan

      Tidak ada Komentar

PetaniPresiden Joko Widodo menyematkan penghargaan Satya Lencana Wira Karya dan Satya Lencana Pembangunan kepada sejumlah kepala daerah dan petani pada pembukaan Pekan Nasional Petani-Nelayan Andalan ((ENAS KTNA) XV di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh , Sabtu (6/5). Penghargaan kepada 20 kepala daerah dan petani berprestasi itu karena dinilai berprestasi pada program mendukung ketahanan pangan nasional. (ant/Ampelsa )

Banda Aceh ( Berita ) : Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah di Indonesia untuk mengoptimalkan tanaman unggulan yang ada di daerah setempat.

“Petani dan pemerintah daerah jangan hanya fokus pada satu komoditas saja, banyak komoditas lainnya yang harganya cukup menjanjikan,” kata Presiden Jokowi di sela-sela membuka Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), 6-11 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Sabtu [6/5].

Jokowi menjelaskan, gubernur, bupati dan wali kota harus melihat tanaman unggulan di daerah masing-masing yang memiliki harga yang baik untuk dikembangkan. Ia mengatakan saat ini yang masih kurang komoditas coklat di mana perusahaan pengolah banyak, namun produksi dari petani terhadap komoditas tersebut terbatas dan harga komoditas tersebut cukup menjanjikan.

“Banyak komoditas-komoditas yang cocok dan layak seperti kopi gayo yang memiliki cita rasa yang enak yang juga bisa dikembangkan di daerah lainnya. Kenapa tidak ditanam komoditas lainnya,” katanya.

Jokowi menceritakan saat tinggal di Bener Meriah dirinya setiap pagi minum kopi arabika asal gayo yang memiliki cita rasa khas dan enak tersebut. Dalam kunjungan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu Presiden Jokowi turut didampingi ibu Iriana dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Penas KTNA yang berlangsung di Aceh, 6-11 Mei 2017 tersebut diperkirakan dihadiri 35 ribu peserta dari seluruh provinsi di Tanah Air yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>