Indonesia – Jepang tindak lanjuti kerjasama TIK

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) : Indonesia-Jepang melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang melakukan pertemuan bilateral membahas kelanjutan kerja sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Sebagai tindak lanjut dari MoU of Cooperation yang telah ditandatangani oleh Menteri pada 2015, ada beberapa yang dikerjasamakan termasuk di bidang penyiaran ada yang terkait dengan penyebaran penyiaran sampai ke daerah,” kata Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M Ramli di Jakarta, Selasa [2/5].

Pertemuan bilateral dalam rangka The 5th Indonesia-Japan ICT Joint Working Group tersebut membahas sejumlah isu kerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ramli mengatakan untuk bidang penyiaran kedua belah pihak telah melaksanakan sejumlah uji coba One Seg TV yaitu infrastruktur untuk penyiaran TV di daerah pinggiran yang tidak terjangkau oleh sinyal TV. Melalui One Seg TV tersebut, di daerah-daerah yang belum terjangkau sinyal maupun juga listrik dapat menangkap siaran televisi nasional, katanya.

Terdapat daerah pinggiran yang telah mekakukan uji coba teknologi One Seg TV tersebut salah satunya, Biak, Papua. Untuk itu, dalam pertemuan bilateral tersebut, keduanya sepakat untuk melakukan evaluasi dan studi kelayakan terhadap uji coba tersebut. “Berikutnya kami akan evaluasi uji coba itu, apakah itu bisa diterapkan di kita dengan skema-skema bantuan Jepang itu,” katanya. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>