44.743 Siswa SMP di Medan Ikuti UN 2017

      Tidak ada Komentar

MEDAN (Berita): Ujian Nasional tingkat SMP dan sederajat dilaksanakan serentak, Selasa (2/5). Sebanyak 44.743 siswa dari 448 sekolah di Medan mengikuti ujian tersebut. Dari sekolah yang termasuk SMP Negeri, swasta, MTs, terdapat SMP Terbuka mengikuti UN ini sebanyak 3 sekolah dan SMPLB 6 sekolah. UN tingkat SMP berbasis kertas dan pinsil (UNKP) dimulai pukul 10.30 WIB. Sedangkan sesi 1 UNBK (UN Berbasis Komputer) dimulai pukul 7.30 Wib.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Hasan Basri diwakili Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Supri Harahap menyebutkan, sekolah yang mengikuti UNBK di Medan adalah ikut SMPN 1, SMPN 9, SMPN 40, MTsN 1, MTsN 3. “Sekolah yang ikut UNBK sebanyak 52 sekolah, sedangkan, siswa yang ikut UNBK sebanyak 7.140 orang,” ujarnya.

Dia menyebutkan, jumlah Proktor UNBK Tingkat SMP sebanyak 86 orang dan Pengawas sebanyak 4.364 orang. Untuk Pengawas UNBK 480 orang dan UNKP sebanyak 3.884 orang. Terkait kendala UNBK, Supri mengungkapkan, hingga saat ini, tidak ada laporan kendala untuk UNBK.

Dia menuturkan, pada Jumat (29/4) pihaknya membagikan distribusi naskah UNKP ke sub rayon di wilayah masing-masing. Naskah diantar dari Disdik Sumut, kemudian setelah tiba di Disdik Medan, disortir terlebih dahulu, kemudian baru diantar ke subrayon wilayah masing-masing.  Sebelumnya, Kadisdik Medan Hasan Basri berharap, agar anak didik tingkat SMP/MTs yang akan mengikuti UN, agar tidak terlalu menganggap UN sebagai momok yang menakutkan.

“Kita berharap agar anak-anak tingkat SMP/MTs yang akan mengikuti UN tidak terlalu stres, proses normal saja dan nikmati saja. Jangan dijadikan beban. Jangan melihat ujian seperti luar biasa, ini hanya sebagai pemetaan dan peningkatan, karena setiap proses pasti ada ujiannya.

Yang penting belajar yang giat dan yakin saja,” katanya. Ia mengimbau pihak PLN tidak memadamkan listrik saat UN berlangsung, karena diantaranya ada yang mengikuti UNBK. (aje)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>