SD Taman Harapan Khataman Al Quran

      1 Komentar

MEDAN  (Berita) : Sebanyak 40 siswa dan siswi Kelas VI SD Taman Harapan menggelar khataman Al Quran di halaman sekolah Jalan Ibrahim Umar No 11 Medan, Sabtu (29/4). Khataman Al Quran 2017 dirangkai dengan Pentas Seni dan berbagai perlombaan islami.
“Sudah jadi program kami untuk melaksanakan khatam Al Quran setiap akhir tahun pelajaran, agar anak-anak yang lulus dari sekolah ini dapat mencintai Al Quran dan mengamalkannya,” kata Kepala Sekolah SD Taman Harapan Medan Ir Hj Elly Siregar.

Agar siswa-siswi sekolah itu bisa membaca Al Quran, kata Hj Elly, Taman Harapan memasukkan pelajaran membaca Al Quran sebagai salah satu mata pelajaran bagi yang beragama Islam. Program ini menurutnya untuk memberantas buta membaca Al Quran, sehingga setiap lulusan Yayasan Taman Harapan tentunya telah mampu membaca Al Quran.

“Ini salah satu upaya sekolah agar anak bisa membaca Alquran sejak dini. Dengan demikian tiap tahun nanti bakal ada acara khatam Alquran seperti ini, dan tidak ada lulusan sekolah ini yang tidak bisa membaca Al Quran,” ujarnya.

Dituturkannya, pelajaran membaca Iqra dan Al Quran sudah menjadi bagian tersendiri di SD Taman Harapan Medan. “Taman Harapan menjadi sekolah yang islami dan menjadi nilai tambah bagi sekolah ini karena salah satu kurikulumnya ada pelajaran Iqra dan Alquran. Dan, setiap kali mengakhiri tahun pelajaran ditutup dengan khataman Alquran seperti yang kita laksanakan pada hari ini,” ujarnya.

Disebutkannya, setiap Jumat sekolah ini mengadakan kegiatan ekstrakurikuler mengaji dan tartil Al Quran. Mulai Tahun Ajaran 2012/2013, pada masa kepemimpinan Drs Ahmad Dairobi MPd.I sebagai kepala sekolah sebelumnya, sekolah ini memasukkan pelajaran membaca Iqra bagi siswa kelas 1 dan 2, dan Alquran bagi kelas selanjutnya. Sehingga pada kelas VI sebelum lulus dari sekolah itu, para siswa sudah mampu membaca Al Quran dan mengkhatamkannya.

Ketua Panitia Saudah S.Ag. menyebutkan, kegiatan ini digelar untuk menumbuhkan siswa SD Taman Harapan menjadi insan qur’ani sebagai generasi muda. “Dengan melaksanakan kegiatan ini, kata Saudah, diharapkan bisa menjadi motivasi siswa agar senantiasa membaca Al quran dan mengamalkannya,” kata Saudah.

Menurutnya, orang tua pasti bangga karena anaknya bisa membaca Al Quran dan bisa menyerap manfaat yang terkandung di dalamnya. Dia mengingatkan, kendati khatam berarti menamatkan, namun membaca Alquran tak pernah mengenal istilah tamat. “Khataman Quran bukan berarti selesai belajar dan membaca Alquran. Alquran tidak pernah selesai untuk dibaca, tapi akan terus dilanjutkan dan dibaca,” tuturnya.

Khataman Alquran diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh siswa kelas V Sayed Rofi Arkan dan siswi kelas VI Sofi Alawiyah. Kegiatan yang sudah menjadi agenda rutin sekolah ini juga disemarakkan dengan berbagai perlombaan dikoordinir Nyla Aziz Salmon. Lomba Pildacil (ceramah agama) diisi oleh siswa dan siswi kelas III, IV dan V. Baru-baru ini, SD Taman Harapan mendulang prestasi dalam lomba Pildacil antar sekolah. Siswi kelas V bernama Nabila Hafsabibi merebut juara satu dalam perlombaan itu.

Sedangkan Pentas Seni menampilkan tarian, lagu-lagu islami, pembacaan sholawat. “Pentas seni ini bertujuan agar mendidik dan membimbing siswa agar menjadi anak yang cerdas, berani, kreatif,” kata Nyla Salmon. Acara diakhiri dengan doa bersama, zikir serta membacakan tahtim dan tahlil dalam menghadapi Ujian Nasional mendatang. (aje)

One thought on “SD Taman Harapan Khataman Al Quran

  1. Suzhi Mei

    (BOLAVADA) Promo Kemerdekaan Indonesia

    Bonus Tambahan 50% Freebet Khusus Poker Selama Bulan Agustus

    Bonus Freebet dan Freechip Setiap Hari Khusus Poker Bolavada
    – Deposit 100.000 Freebet 10.000 + 5.000 = 15.000
    – Deposit 500.000 Freebet 50.000 + 25.000 = 75.000
    – Deposit 1.000.000 Freebet 100.000 + 50.000 = 150.000
    – Syarat Withdraw 1 x Turn Over
    – Tidak Bermain Safety Bet

    1-31 Agustus 2017

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>