Pertamina Siapkan BBM Satu Harga 28 Lokasi

      Tidak ada Komentar

Medan ( Berita ) : PT Pertamina Marketing Operation Region I menyiapkan pemberlakuan bahan bakar minyak satu harga di 28 lokasi di Sumatera Bagian Utara. Usai kegiatan apresiasi konsumen dalam rangka Hari Kartini di Medan, Jumat [21/4] , General Manager Pertamina Marketing Operation Region I Eldi Hendry mengatakan, pemberlakuan kebijakan BBM satu harga tersebut merupakan bagian dari tugas Pertamina.
Untuk tahun 2017, pihaknya akan memberlakukan BBM satu harga tersebut di 28 lokasi di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang terdiri dari Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan kepulauan Riau. Selama ini, harga jual BBM di daerah yang dikategorikan sebagai daerah terluar itu relatif jauh di atas harga pasaran.

Di Sumatera Utara ada 11 lokasi yang seluruhnya berada di Kepulauan Nias, di Sumatera Barat ada enam lokasi yang berada di Mentawai dan Solok Selatan. Di Riau satu lokasi yakni di Pelalawan, Kepulauan Riau ada lima lokasi yakni di Natuna, Bintan, dan Anambas. Sedangkan di Aceh ada lima lokasi yang berada di Aceh Barat, Singkil, dan Gayo Lues.

Saat ini, Pertamina sedang mempersiapkan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan, termasuk persiapan proses distribusi ke 28 lokasi tersebut. “Namun kita upayakan, hingga akhir tahun 2017, semuanya sudah diberlakukan BBM satu harga,” katanya didampingi Manager Retail Fuel Marketing Agus Taufik Harahap dan Manager Domestic Gas CD Sasongko.

Dalam rapat dengar pendapat di DPRD Sumut baru-baru ini, diketahui kebijakan BBM satu harga di Sumut itu akan diterapkan di Kabupaten Nias, Nias Utara, Nias Barat, dan Nias Selatan. Di Kabupaten Nias, kebijakan BBM satu harga tersebut diterapkan di Kelurahan Somi, Kecamatan Gido dan Desa Bawolato, Kecamatan Bawolato.

Di Kabupaten Nias Utara, kebijakan itu diterapkan di Desa Lotu, Kecamatan Lotu. Di Kabupaten Nias Barat di Desa Lahomi, Kecamatan Lahomi. Sedangkan di Kabupaten Nias Selatan akan diterapkan di tujuh lokasi yakni di Tanah Bala, Kecamatan Hibala, Desa Sinauru, Kecamatan Pulau-pulau Batu, dan Desa Labuhan Hiu, Kecamatan Pulau-pulau Batu Timur.

Kemudian, di Kecamatan Pulau-pulau Batu Barat, Kecamatan Pulau-pulau Batu Utara, Kecamatan Simuki, dan Kecamatan Tanah Masa. Harga BBM jenis Solar di daerah terluar di Kepulauan Nias itu mencapai Rp9.000 per liter. Setelah kebijakan satu harga, harganya sama dengan daerah lain yakni Rp5.150 per liter. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>