Mata Air Sibolangit Terbaik

      Tidak ada Komentar

MEDAN (Berita): Sumber mata air di Sibolangit masih tetap yang terbaik pada saat ini, namun kapasitasnya tidak bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga di Kota Medan karena hanya mampu sampai Johor saja.

“Ini berdasarkan tim ahli dari Belanda,” kata Delviyandri, Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Delvriyandri, dalam acara sambung rasa pelanggan dengan PDAM Tirtanadi, di aula kantor Kecamatan Medan Petisah, Kamis (20/4).

Delvi menyebut karena sumber air itu tidak mencukupi maka PDAM Tirtanadi sebagai BUMD usaha mengelola air, harus menggunakan air sungai untuk dikelola menjadi air bersih.

Tirtanadi mengelola beberapa air sungai seperti di Sunggal, Delitua, Martubung, Hamparan Perak sedangkan di Denai menggunakan mesin pompa yang tentunya membutuhkan biaya cukup besar.

Menurutnya, untuk mengolah air menjadi air bersih maka PDAM Tirtanadi berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan cara menambah debit air dari sumber mata air dari sungai. Tentu butuh dana yang tidak sedikit sehingga perlu ada tambahan dana investasi dengan cara antara lain menaikkan tarif rekening air.

Menyinggung kualitas air, Delvri mengakui  kalau di Instalasi Pengolahan Air (IPA), dapat diminum akan tetapi setelah didistribusikan belum dijamin, penyebabnya banyak pipa yang masih dari peninggalan zaman belanda. “PDAM Tirtanadi terus meningkatkan kualitas sesuai dengan Permenkes tahun 2010,” tegas Delvri.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Pelanggan PDAM Tirtanadi Sumut, Tauhid Ichyar menyebutkan adapun penyesuaian tarif dilakukan melalui tahapan dan pertimbangan serta merujuk ketentuan Permendagri No.71 Tahun 2016 yang disesuaikan dengan tingkat inflasi, kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) dan Tarif Dasar Listrik (TDL).

Camat Medan Petisah Syamsul Effedi Rambe mengingatkan kenaikan tarif tidak hanya sekedar peningkatan pelayanan mutu kualitas dan kuantitas semata akan tetapi juga diiringi dengan pencatat meteran. (wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>