Ulama Pilar Penting Membangun Negara

      Tidak ada Komentar

MEDAN ( Berita ) : Sosiolog dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Dr. Ansari Yamamah, mengatakan ulama adalah pilar penting dalam membangun sebuah negara. Namun sangat disayangkan, terkadang ulama terkesan dizalimi dan difitnah.

Dr. Ansari Yamamah, mengatakan itu saat dihubungi Wartawan , Kamis (6/4). Dia diminta menanggapi permintaan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani, agar Indonesia bersedia membantu mendamaikan konflik dinegaranya.

Salah satunya dengan mengusulkan pertukaran ulama antara Indonesia dan Afghanistan. Menanggapi hal ini, Ansari Yamamah, menilai tidak berlebihan jika pemerintah Afghanistan berharap ulama Indonesia bersedia memberikan pemikirannya untuk mendamaikan konflik yang terjadi di sana. “Karena, disamping komponen lain, ulama merupakan salah satu pilar bangsa menjaga keutuhan sebuah negara,” katanya.

Kata Ansari Yamamah, para ulama Indonesia telah membuka mata dunia, termasuk Afghanistan, tentang bagaimana marajut kerukunan ditengah keberagaman dan kebudayaan serta keyakinan. Ditambah, ulama terbukti masih terus menyumbangkan peran penting, mampu menghindarkan bangsa dari situasi-situasi genting.

“Masyarakat Indonesia yang begitu beragam budaya bisa hidup berdampingan, berfikir positif, dan menjalankan syariat Islam, namun tetap dalam bingkai NKRI. Ini tidak terlepas dari peran ulama,” sebutnya.

Dunia internasional, tidak terkecuali Negara Afghanistan, melihat bagaimana sepak terjang ulama di Indonesia membangun toleransi ini.Karena itu, sebut Ansari Yamamah, sangat disayangkan, ketika dunia internasional begitu menghormati para ulama Indonesia, tapi, terkadang di negara sendiri, terkesan dizalimi dan difitnah.

Dia berharap, pemerintah segera menyadari betapi pentingnya peran ulama membangun keutuhan NKRI ini. Dia mengatakan, dalam kehidupan bernegara, ulama berperan sebagai kaum cendekiawan memberikan pencerahan kepada umat.

Sementara pada saat yang sama, ulama juga wajib mengingatkan penguasa untuk selalu mengutamakan kepentingan umat. “Dengan kerangka pikir seperti itu, kita bisa menyimpulkan bahwa hubungan yang efektif dan saling menghormati antara ulama dan pemerintah adalah sebuah keharusan untuk mewujudkan sebuah negara yang berhasil,”katanya.

Menurut dia, hubungan baik pemerintah dan ulama adalah elemen yang sangat penting untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis, aman, damai, dan sejahtera serta berakhlak mulia. (WSP/m49/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>