Jannatun Firdaus

      Tidak ada Komentar

Hannatun Firdaus luas dan tinggi/disediakan bagi para nabi. Jika anda ingin ,menjadi penghuninya/ikutlah Allah dan petunjuk nabinya. Jangan ada bid’ah dan kurafat/ bersihkan aqidah semurni-murninya. (Syair: Melayu ).
JANNATUN FIRDAUS disebut dalam Alquran cuma dua kali, masing-masing dalam Surat Al-Kaffi dan dalam Surah Almukminun. Meski tidak banyak disebut dalam Alquran, namun surga ini adalah surga yang sangat tinggi.

Inilah surga tempat tinggal para Nabi dan Rasul. Allah berfirman: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal. Mereka kekal di dalamnya dan mereka tidak ingin berpindah di dalamnya QS. AlKaffi [18]: 107-108).

Dalam Surat Almukminun Allah menyebutkan sejumlah kriteria orang-orang yang akan menjadi dan mewarisi surga yang tinggi ini. Mereka disebut orang-orang yang menang. “Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman.

Yaitu orang-orang yang kusyuk dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. (QS. Almukminun[23]:1-6).

Perlu diketahui, budak sudah dihapuskan dalam Islam. Zaman sekarang tidak boleh lagi bersenggama selain dengan isteri yang sah. Ayat tersebut turun sebelum budak dimerdekakan.

Sekali lagi, budak tidak ada lagi zaman sekarang. Jangan-jangan ada yang menganggap pembantu rumah tangga itu budak, maka mereka memperkosanya seperti TKW-TKW kita di luar negeri.

Perbuatan mereka itu jelas zina. Islam telah turut mendukung PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa), bahwa budak seluruh dunia telah dihapuskan. “Barang siapa mencari yang dibalik itu maka merekam itulah orang-orang yang melampaui batas”.(QS. 23:7).

Masih ada dua syarat lagi untuk menjadi penghuni Firdaus. Yakni; “Dan orang-orang yang memelihara amanah yang dipikulnya dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya.

(QS.Al-mukminun. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi , yakni yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya QS. Almukminun [23]:8—11). Rasulullah SAW mengajarkan umatnya. Bila berdoa’ minta surga, maka berdoalah supaya Allah memberi- surga Firdaus yang tinggi.(HR:Hakim). ***** ( Tgk. Ameer Hamzah )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>