Danau Teratai Potensial Olahraga Dayung

      Tidak ada Komentar

AsahanDanau Teratai di Kecamatan Tinggi Raja Asahan potensial untuk olahraga dayung. ( Repro/ WSP/Nurkarim Nehe )

KISARAN ( Berita ) : Pemkab Asahan dituntut untuk tidak sekadar memperhatikan faktor rekreatif Danau Teratai, tetapi juga memberikan ruang atau dukungan bagi pembinaan prestasi olahraga dayung.

“Normalisasi Danau Teratai untuk ruang nafkah warga dan PAD Asahan sangat baik dan prospektif, namun terkesan masih setengah hati,” ujar Ali M, dari kalangan olahraga dayung saat Festival Olahraga Tradisional dalam rangka HUT ke-71 Asahan 71 di Danau Teratai, Kecamatan Tinggi Raja, Asahan, akhir pekan kemarin.

Dikatakan, kedalaman Danau Teratai rata-rata 150 cemti meter memerlukan pengerukan yang lebih ideal baik untuk rekreatif apalagi untuk olahraga dayung. “Kelestarian Danau Teratai tidak sekadar dengan pembangunan turap dan konblok saja, pembebasan lahan di tepian sekaligus penghijauan, pengerukan dasar, serta sarana prasarana lainnya juga harus direalisasi,” tukas Ali.

Danau Teratai potensial untuk olahraga dayung, atletik khususnya marathon, lompat dan lempar, panahan, sepeda prestasi maupun rekreatif, dirangkai dengan rencana pembangunan stadion sepakbola mini dilengkapi lintasan atletik persis di belakang Kantor Camat Tinggi Raja.

“PODSI Asahan sudah empat tahun vakum tidak melaksanakan musyawarah. Sudah ada sinyal dari Pengprov PODSI Sumut untuk penataannya,” ujar Waketum KONI Asahan, Anda Suhendra Rambe.

Rambe mengakui Asahan sebagai daerah perairan yang memiliki danau, sungai, dan laut belum berprestasi. “Salah satu pilihan titik pembinaan ya di Danau Teratai,” ujarnya.

Plt Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar menyatakan Danau Teratai akan terus dikembangkan sebagai wahana pariwisata, outbound, olahraga tradisional, dan lainnya. “Termasuk sarana prasarana olahraga prestasi,” tukas Siregar. (WSP/a10/C)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>