32 Warga Palas Diserang Penyakit DBD

      1 Komentar

SIBUHUAN (Berita): Sejak Januari hingga 6 Maret 2017 tercatat 32 warga Kab. Padanglawas (Palas) di 5 Kecamatan yakni Barumun, Hutarajatinggi, Sosa, Batanglubusutam, dan Kec. Lubuk Barumun telah terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan jumlah tersebut akan terus bertambah.
Kepala Dinas Kesehatan Palas, Lely Ramayulis melalui Kabid P2P dr. M. Ilham Syuhri Siregar, menyampaikan hal itu kepada Berita, Senin (20/3) di Sibuhuan. Katanya data tersebut diproleh sesuai laporan dari Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Palas.

” Sesuai data yang kita proleh sampai 6 Maret kasus DBD mencapai 32 pasien, kondisi ini dinilai sudah cukup menghawatirkan dan sangat diharapkan kesadaran, kewaspadaan warga terutama agar membersihkan pekarangannya masing-masing,”. Ungkapnya.

Kata Ilham, saat musim penghujan saat ini sangat mempengaruhi berkembangnya biaknya nyamuk aedes aigepty yang menjadi penyebab utama penyakit DBD. Sementara untuk pencegahan dan mengantisipasi bertambahnya kasus itu, pihaknya telah melayangkan surat himbauan kesetiap Puskesmas untuk melaksanakan penyuluhan dan gotong royong Pembrantasan Sarang Nyamuk (PSN) disetiap wilayah kerjanya.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga telah melakukan fogging atau pengasapan dibeberapa tempat sekaligus mensosialisasikan pentingnya lingkungan yang bersih. Utamanya menguras dan menyikat tempat penampungan air seperti kamar mandi/WC dan drum sekali seminggu.

Kemudian, menutup rapat-rapat penampungan air dan mengubur atau menimbun barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan serta menggunakan kelambu saat malam hari.

Sementara itu, gejala penyakit DBD tersebut seperti demam tinggi, nyeri pada persendian, suhu badan tinggi dan sakit kepala disertai bintik-bintik merah pada kulit. “ Apabila gejala itu ditemui pada keluarga, agar segera membawanya ke Puskesmas maupun pelayanan kesehatan lainnya untuk penanganan lebih lanjut,”. Jelasnya. (tio).

One thought on “32 Warga Palas Diserang Penyakit DBD

  1. Claudia Bella

    S1288POKER – Master Agen Poker dengan server Anti ROBOT

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>