Rapat pleno Penetapan pemenang Pilkada Bupati/wakil Bupati Agara di Tunda

      Tidak ada Komentar

KUTACANE (Berita) : Berdasarkan Surat KPU RI Nomor 199 /KPU/III/2017 di terbitkan pada (03/3).Perihal penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilihan, jadwal penetapan hasil pilkada Bupati dan wakil bupati Agara 2017 akhirnya di tunda.

Dalam surat edaran KPU Pusat disampaikan alasan penundaan berdasarkan adanya sejumlah calon kepala daerah dari Provinsi Aceh ,malakukan gugatan ke Gedung Makahamah Kontitusi (MK).

Demikian disampaikan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tenggara provinsi Aceh Dedy Muliady Selian,ST via Sekertarisnya KIP setempat. Irwandy Ramud,S.pd via Ponselnya Kamis siang (09/3), harusnya Rapat pleno penetapan sesuai jadwal tahapan Pilkada harusnya dilaksanakan pada Selasa (08/3) kemarin.

Hal itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7/2016 atas perubahan peraturan KPU No 3/2016 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan Gubernur/wakil gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Wali kota dan wakil wali kota 2017. tentang penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohanan perselisihan hasil pemilihan 2017 dilaksanakan KIP Kabupaten/Kota pada (08-10/3)

Dan peraturan MK Nomor 3/2017 atas perubahan Peraturan MK Nomor3/2016 tentang tahapan, kegiatan dan jadwal penanganan perkara perselisihan suara hasil pemilihan Gubernur,Bupati dan Wali kota dan surat MK RI Nomor 28/PAN MK/2017 dikeluarkan (02/3) prihal permohonan konfirmasi jadwal penerbitan surat keterangan MK tidak terdaftarnya perkara perselisihan hasil pilkada, di sebutkan MK baru bisa menerbitkan surat keterangan prihal yang di maksud sejak (13/3 ) depan.ditindak lanjuti dengan surat KIP Aceh Tenggara Nomor 08/Kpts/KIP-Kab-001.434470/2017 di keluarkan (04/3) lalu.

Dari data permohonan perselisihan suara di MK tercatat ada delapan kasus yang mengajukan gugatan diantaranya Kabupaten Gayo Lues, Nagan Raya, Aceh Timur, Aceh Utara, Pidie, Aceh singkil, Langsa dan Aceh Barat Daya, dari catatan diatas kita masih menunggu surat balasan dari MK ,karna Kabupaten Aceh Tenggara tidak masuk dalam perkara diatas.Kata Irwandy.

Hingga saat ini, hasil sementara rekapitulasi C1 tercatat, masih di ungguli pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Agara 2017.Drs Raidin Pinem- Bukhari (RABU) dengan perolehan suara sekitar 62.773 suara, sementara paslon H Ali Basrah,Spd –Denny Febrian Roza,SSTP (ABDI) hanya mampu mengumpulkan suara 55.549 suara.Dalam rekapitulasi jumlah surat suara yang sah sekitar 118,332 suara dari jumlah DPT (daftar pemilih tetap) sebanyak 143,973 Pemilih.

Data KIP Agara jumlah pemilih yang tidak berpartisipasi pada pilkada kali ini sekitar 25.651 pemilih, besarnya angka tidak ikut berpartisipasi itu, belum dapat disimpulkan faktor apa dasar pemilih yang tercatat di DPT tidak menggunakan hak suaranya.

Dari pantauan Berita Kamis siang (09/3) baik di Kantor KIP dan Gedung Olah Raga Kutacane tampak sepi, sejumlah aparat keamanan masih berjaga di dua titik yang kerap ramai di kunjungi masa paslon ,kini kedua lokasi itu jauh dari keramaian, hingga saat ini Aceh Tenggara masih tergolong sangat kondusif pasca Pelaksanaan Pilkada Rabu (15/2) lalu.(aie/jp).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>