Pertahankan Inflasi Sumut Di Bawah Nasional

      Tidak ada Komentar

BPGubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi menerima Kepala BPS Sumut baru Syeeh Suhaimi berserta rombongan diruang kerjanya lantai 10 Kantor Gubsu Jalan diponegoro Medan Selasa (28/02). (beritasore/suef)

MEDAN ( Berita ) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengapresiasi inflasi Provinsi Sumut di Januari 2017 ini dibawah inflasi nasional. Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, di bulan Januari Inflasi Sumut 0,49 persen. Sedangkan inflasi nasional pada Januari 2017 sebesar 1 persen.

“Ini merupakan kabar baik dan kita harapkan inflasi Sumut terus dibawah nasional. Saya berharap Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bekerja maksimal guna mempertahankan prestasi ini untuk bulan-bulan selanjutnya,” ujar Gubsu saat menerima Kepala BPS Sumut yang baru Syeeh Suhaimi berserta rombongan diruang kerjanya lantai 10 Kantor Gubsu Jalan diponegoro Medan Selasa (28/02).

Selain mengucapkan selamat bertugas di Sumut kepada Syeeh Suhaimi, Gubsu juga berharap hubungan yang selama ini terjalin cukup baik antara Pemprovsu dan BPS Sumut semakin ditingkatkan lagi. Karena agar perencanaan pembangunan lebih matang tentunya Pemprovsu mempedomani data yang disampaikan oleh BPS.

“Pertama saya ucapkan selamat datang, walaupun Pak Suhaimi tidak asing lagi di Sumut. Selanjutnya kami berharap koordinasi dapat berjalan dengan baik,”harap Gubsu.

Dikatakan Gubsu, pada tahun 2016 lalu memang Sumut mengalami inflasi yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan mahalnya harga cabai merah karena sejumlah sentra penghasil cabai di Sumut gagal panen akibat terserang penyakit. Dari 63,4 persen angka inflasi di tahun 2016 lebih empat persen disumbangkan oleh cabai.

“Ini yang tidak boleh terjadi lagi. Makanya kita melalui SKPD terkait terus mendorong sektor-sektor komoditi yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Termasuk mendorong agar sentra-sentra penghasil cabai meningkatkan produksinya serta menggalakan gerakan menanam cabai. Kita berharap inflasi di tahun 2017 bisa lebih ditekan,” ujar Gubsu.

Sementara itu Kepala BPS Sumut yang baru Syeeh Suhaimi mengatakana bahwa inflasi Sumut di Tahun 2016 sebesar 63,4 persen, tertinggi kedua ditingkat nasional setelah Bangka Belitung (Babel).

“Inflasi itu memang cukup tinggi. Seharusnya memang kita di 2017 ini harus kita kendalikanlah Inflasi di Sumut. Saya pikir TPID Sumut sudah cukup komit dan terbukti inflasi kita di Januari sangat terkendali yakni 0,49 dibawah nasional sampai 1 persen. Mudah-mudahan 11 bulan kedepan inflasi kita lebih terkendali lagi dibawah Inflasi nasional,”ujarnya.

Selain bersilaturahmi karena baru bertugas sebagai Kepala BPS Sumut, di kesempatan itu Syeeh Suhaimi juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat BPS Sumut akan menyelengarakan sejumlah kegiatan diantaranya Sensus Ekonomi, survei biaya hidup dan juga survei demografi dan kesehatan. “Saya berharap dukungan penuh dari Pak Gubernur. Karena tanpa dukungan pemerintah daerah BPS tidak bisa bekerja,”pungkasnya.(suef )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>