6,5 Juta Pekerja Informal BTN Sediakan DP 1 Persen

      1 Komentar

JAKARTA ( Berita ) : Menyasar 6,5 juta pekerja sector informal menjadi debitur produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro, PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyediakan uang muka (down payment/DP) hanya 1% untuk pembelian rumah pertama.
“Ini fasilitas untuk kredit perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan hadirnya KPR Mikro, Bank BTN membuka ruang lebih luas bagi masyarakat untuk peroleh akses pembelian perumahan,” keterangan pers Direktur Utama Bank BTN,Maryono saat peluncuran KPR Mikro di Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin.

Dijelaskan, KPR Mikro BTN ini bisa juga untuk renovasi rumah atau pembangunan ruko,dengan ketentuan uang muka diwajibkan minimal 10%. Uang muka ini bisa digunakan untuk mencairkan KPR Mikro dengan plafon senilai maksimal Rp75juta.

Menurutnya, produk KPR Mikro membidik keluarga atau individu yang memilki penghasilan rata-rata Rp1,8 juta hingga Rp2,8 Juta per bulan. Untuk MBR dengan penghasilan tidak tetap ini memang perlu didukung lewat KPR Mikro agar mereka mampu memiliki rumah.

Sebab segmen masyarakatini paling membutuhkan karenatidak masuk dalam kategoripenerima KPR Subsidi, baikdalam skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) maupun Subsidi Selisih Bunga(SSB), dan juga Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) yang diku-curkan Pemerintah. “Jadi pendanaan KPR Mikroini murni inisiatif Bank BTN,bukan bagian dari program bantuan pendanaan program sejuta rumah yang dicanangkan Pemerintah,” tandas Maryono.

Kehadiran Kredit Mikro perumahan ini bisa dinakmati masyarakat dengan promo bunga sebesar 7,99% per tahun (fixed). Termasuk angsuran dibuat dengan skema yang ringan, misalnya dibayar mingguan atau harian.

Pembiayaan mikro ini juga bisa diberikan secara berulang (repetitive) atau bergulir (revolving). Kemudian, jangka waktu kredit bisa sampai 10 tahun. Selama menggunakan produk KPR BTN Mikro, nasabah pun mendapatkan asuransi dari kredit properti yang diajukan.Untuk tahap awal peluncuran KPR Mikro, debitur yang disasar oleh Bank BTN adalah pedagang yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mie Bakso (APMISO). BTN juga menyasar ke nelayan, petani, pengrajin,dan pekerja di sektor informal.

“Yang penting, mereka tergabung dalam komunitas pedagang atau koperasi serta merupakan binaan Kementerian Koperasi dan UKM dengan penilaian baik. Adapun target penyaluran KPR Mikro tahun in isebesar Rp150 miliar,” tutur Maryono.

Selain menjadi anggota dalam komunitas usaha atau koperasi, syarat lainnya untuk menjadi debitur KPR Mikro adalah menjalani usahanya minimal 1 tahun serta mendapat rekomendasi dari komunitas dan koperasi yang memayunginya.

Sebab debitur yang mengajukan permohonan KPR BTN Mikro harus terlebih dahulu memiliki tabungan di Bank BTN dengan rata-rata usia tabungan yakni selama minimal 3 bulan dan nominal setara cicilan bulanan kredit mereka. (WSP/J03/I)

One thought on “6,5 Juta Pekerja Informal BTN Sediakan DP 1 Persen

  1. Suzhi Mei

    Bolavada Promo HUT RI
    Kami segenap dari Bandar Betting Bolavada mengucapkan Selamat Hari Raya Kemerdekaan Bangsa Indonesia
    – Bonus Deposit Tambahan 50%
    – Dan masih banyak lagi
    Hubungi Kami dan Segera Daftarkan diri Anda di:
    BBM : D89CC515
    Whatsapp : 0812-9727-2374
    LINE : BOLAVADA
    Facebook : BOLAVADA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>