Nabi Daud

      Tidak ada Komentar

Dan sesungguhnya Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. Kami berfirman: Hai gunung-gunung dan burung-burung , bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud.(QS. Saba’:10).
NABI Daud Alaihissalam disebut dalam Alquran sebanyak 16 kali, yakni dalam surat Albaqarah, An-Nasa’, Almaidah, Al-A’am, Al-Isra’, Al-Ambiya’ An-Namlu, dan Shaad. Allah telah memadukan pada sosok Daud ini kerajaan dan nubuwwah, yakni menjadi raja dan Nabi (rasul).

Nabi Daud memiliki suara yang sangat bagus. Kitab Zabur diturunkan oleh Allah kepadanya. Ketika Nabi Daud membaca Zabur, gunung-gunung dan burung-burung turut bertasbih.

Rasulullah Muhammad SAW, pernah bercerita tentang kelebihan Daud. Nabi Daud adalah seorang Nabi yang makan dari hasil keringatnya sendiri. Rezeki Daud sangat halal. Daud berpuasa sehari da berbuka sehari.
Daud memiliki isteri yang banyak, namun tetap adil. Nabi Daud diberi oleh Allah kekuatan yang luar biasa sehingga beliau dapat melunakkan besi dengan tangannya. Nabi Daud juga memiliki suara emas.

Shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud dan puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Nabi Daud. Dia tidur separuh malam, lalu bangun untuk shalat pada sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam yang terakhir. Adapun puasa Daud, dia puasa sehari dan buka sehari. (HR:Bukhari dan Ahmad dari Ibnu Abbas).

Ada cerita Israiliyyat yang menyebutkan Nabi Daud jatuh cinta kepada istri panglimanya Uriya. Supaya ia bisa kawin dengan istri panglimanya, maka Uriya dikirim ke Medan perang.

Uriya gugur dan Daud memperistrikan janda tersebut. Cerita ini bohong, tidak benar, sebab bisa menjatuhkan martabat seorang rasul. Mana mungkin seorang kekasih Allah seperti Daud masih berkhianat dan memperturutkan nafsu syahwatnya. Cerita itu sangat Israiliyyat.

Nabi Daud juga mengerti bahasa burung (QS. An-Namlu:16), melunakkan besi, membuat baju besi (QS. Ambiya’:10), Allah mengangkatnya menjadi Raja, dan memenangkannya dari berbagai pertempuran (QS. Shaad:20), Allah juga memuliakan Daud di dunia dan akhirat. Nabi Daud adalah seorang Nabi yang diberi hikmah dan ilmu oleh Allah SWT.

Setelah menjalani hidup 77 tahun, Daud dipanggil kembali oleh Allah keharibaannya. Kerajaan diwariskan kepada putranya yang bernama Sulaiman. Nabi Daud Alaihissalam dimakamkan di Baital Maqdis. Orang-orang Yahudi menyebutnya King David. Kaum Muslimin menyebutnya Daud sebagaimana nama yang tertera dalam Alquran. ***** (Tgk. H. Ameer Hamzah )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>