Pemerintah Harus Beri Kontribusi Ke Media Cetak

      Tidak ada Komentar

MEDAN ( Berita ) : Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Mohammad Saleh mengaku menghadiri HUT ke-70 Harian Waspada merupakan peristiwa yang bersejarah.

“Kita bisa memperingati 70 tahun harian terbesar dan berpengaruh di Sumatera Utara. Saya merasa bangga dan bahagia bisa hadir ke sini, saya khusus datang ke sini untuk memperingati lahirnya Harian Waspada,” ujarnya usai Seminar/Bedah Buku Koeli Kontrak Tempo Doeloe di Aula Martabe Pemprov Sumut, Rabu (11/1).

Menurut Saleh, 70 tahun bukan waktu yang singkat dan tentu Harian Waspada memiliki sejarah panjang hingga bisa sampai saat ini. “Ini suatu hal yang sangat membanggakan di mana Bu Rayati (Pemimpin Umum Waspada) di usia 70 tahun masih bisa berkarya buat bangsa ini. Ini motivasi bagi kita untuk terus memajukan Waspada hingga akhir zaman,” katanya.

Dia juga menjelaskan, media mainstream banyak yang kesulitan berkembang dan akhirnya tutup. “Tapi hari ini, 70 tahun Waspada bisa bertahan, ini merupakan suatu kebanggaan dan menjadi perhatian kita bersama bagaimana mempertahankan media ini supaya terus dapat bekiprah dan memberikan informasi sesuai motto-nya Demi Kebenaran dan Keadilan.”

Mohammad Saleh juga mengimbau agar pemerintah ambil bagian untuk memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan media di tanah air, khususnya media cetak, apalagi dengan gempuran media online dan sosial sangat luar. “Karena itulah media cetak membutuhkan perhatian kita secara sungguh-sungguh agar tetap eksis dalam membangun bangsa kita,” ujarnya.

Dia juga mewakili DPD RI mengucapkan selamat HUT ke 70 tahun Waspada seraya berdoa agar Waspada berkembang, berkiprah terus dalam mengisi kemerdekaan, membangun bangsa negara ini menuju kejayaan bangsa, menjadikan masyarakat adil dan makmur. “Kami sangat hormat dengan moto dan tagline Waspada, sehingga Waspada tetap jaya dan tetap ada di tengah kita,” tambahnya.

Berpantun

Sementara Gubernur Sumut T. Erry Nuradi berpantun untuk Waspada. “Kalau bukan karena cinta, tak akan mungkin kita bisa membuat sebait puisi. Kalau bukan karena Harian Waspada, tak akan datang kita ke sini,” katanya.

Dia mengaku bersyukur dalam rangka hari jadi Harian Waspada ke 70 tahun, mendapatkan berkah dengan kehadiran Ketua DPD RI dan Menkominfo. “Kita mengikuti seminar memperingati HUT Waspada, semoga seminar ini dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi untuk mengembalikan kejayaan perkebunan di Sumut,” imbuhnya.

Pemimpin Umum Hj Dr Rayati Syafrin, MBA, MM memberikan buku Koeli Kontrak Tempo Doeloe Karya Alm H. Mohd Said kepada Menkominfo Rudiantara, Ketua DPD RI Mohammad Saleh, para narasumber yakni Parlindungan Purba, Prof. Usman Pelly, PhD, Dr. Budi Agustono dan Dr. Phil. Ichwan Azhari.

Ratusan peserta yang hadir baik dari akademisi, pihak buruh perkebunan, Apindo, guru, dosen dari berbagai universitas dan sekolah tinggi, kepala daerah, DPRD Medan dan lainnya antusias mendengarkan materi disajikan pemateri. Mereka secara bergantian bertanya kepada narasumber dimoderatori DR Dedi Sahputra, MA.

Hadir pada acara itu, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO), Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Anggota DPD RI asal Sumut di antaranya Prof Darmayanti, H Rijal Sirait, H Dedi Iskandar Batubara, Parlindungan Purba, anggota DPRD Medan Iswanda Ramli, Hendra DS dan lainnya, Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus, Kadis Kominfo Deliserdang Haris Ginting, penulis Waspada Dr Arifin S Siregar, Azhari Akmal Tarigan, Guru Besar UINSU Prof Abdullah Jamil.

Kemudian dari PTPN III Distrik Serdang Arnold Sipahutar, Kepala Museum Perkebunan Sumut Sri Hartini, PTPN IV Kebun Adolina Jamaluddin, PTPN II Sutan P, RS Jiwa Provsu Wahid Khusayri, BKPRMI, mahasiswa dan dosen dari USU, UNIMED, STIK-P, UMA, UDA, Poldasu, Apindo dan lainnya.(WSP/h02/J)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>