Berita Hoax

      2 Komentar

AGAMA Islam telah melarang berita Hoax (bohong, palsu) sejak 14 abad yang silam. Sebab berita tersebut sangat berbahaya bagi kehidupan anak manusia. Bila berita Hoax ini tersebar di tengah-tengah masyarakat, dan menyarakat menelan mentah-mentah, maka hancurlah persatuan dan kesatuan masyarakat tersebut.
Penyebar berita Hoax pertama adalah Iblis, waktu makhluk itu berada di Surga. Ia menggergaji informasi, ia merekayasa berita yang tidak benar. Iblis menipu Adam dan Hawa. Allah SWT melarang Adam dan Hawa mendekati sebatang pohon dan melarang memakan buahnya. Iblis datang menipu kedua moyang manusia.

“Hai Adam dan Hawa, tahukah kalian, kenapa Allah melarang kamu memakan buah khuldi ini? Karena kamu akan diturunkan ke bumi, tempat yang sangat susah, banyak mudharatnya.

Iblis menambahkan; Jika kamu berdua ingin abadi di Surga, maka makanlah buah khuldi tersebut. Kamu pasti terus menerus di sini menikmati berbagai fasilitas. Maka tergodalah Adam dan Hawa dengan memakan buah khuldi.

Allah murka kepada mereka, dan mengusir keduanya dari dalam Surga. Si Iblis yang berkhianat menyampaikan berita Hoax juga diusir dari Surga. Adam dan Hawa bertobat, keduanya kembali ke Surga, tetapi iblis tidak bertobat dan akan kembali ke neraka.

Berita Hoax pernah menimpa Aisyah Ummu Mukminin, Aisyah dituduh oleh orang-orang munafik telah berselkingkuh dengan Shafwan Bin Muaththal ketika pulang dari perang Bani Musthalik.

Padahal istri Nabi, orang semulia Aisyah tidak mungkin melakukan hal tersebut. Padahal yang benar, Aisyah yang tertinggal sendiri di tempat mata air, mendapat bantuan dari Shafwan membawanya ke Madinah. Jangan berbuat serong, berbicarapun tidak. Shafwan sangat memuliakan Aisyah sebagai istri Nabi. Keduanya sampai di Madinah.

Orang-orang munafik mulai menyerbarkan berita Hoax, dikatakan, Aisyah telah berbuat serong dengan Shafwan. Berita tersebut terus berhembus ibarat angin padang pasir. Semua orang telah mendengar berita tersebut.

Rasullullah pun terpegaruh sehingga tidak mau berkomunikasi lagi dengan istrinya Aisyah. Abubakar Siddiq (ayah Aisyah) juga sempat marah kepada putrinya. Namun Aisyah yang yang merasa dirinya tidak bersalah hanya bersabar.

Kemudian Allah SWT. Membela Aisyah dengan menurunkan ayat: Sesungguhnya orang-orang yang menyebarkan berita bohong itu dari golongan kalian juga, janganlah kalian mengira bahwa berita bohong itu buruk bagi kalian.

Setiap orang dari mereka menerima balasan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Dan siapa di antara mereka yang ambil bagian terbesar dalam penyebarluasan berita bohong tersebut, disediakan baginya azab yang amat besar (QS.An-Nur:11).
`

Akhirnya Rasulullah SAW menjatuhkan hukum cambuk kepada orang-orang yang turut menyebarkan berita hoax tersebut. Mereka antara lain; Hasan bin Harits, Misthah, dan Himnah, sedangkan Abdullah bin Ubay merlarikan diri. ***** ( Tgk. H. Ameer Hamzah )

2 thoughts on “Berita Hoax

  1. Alifa Aisha

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>