Ketua MPR Imbau Pers Bersikap Independen

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) :  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau pers Indonesia dapat bersikap independen dan menyiarkan berita secara berimbang.

“Pers sebaiknya tidak membela kekuatan tertentu secara sepihak, apalagi sampai memutarbalikkan fakta,” kata Zulkifli Hasan ketika menerima Delegasi Dewan Pers di ruang kerjanya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin [09/1].

Pada kesempatan tersebut, Delegasi Dewan Pers yang dipimpin Margiono berkunjung ke ruang Ketua MPR RI untuk silaturahmi sekaligus menyampaikan undangan peringatan Hari Pers Nasional yang rencana penyelenggaraannya di Ambon, Maluku, 5 hingga 10 Februari 2017.

Menurut Zulkifli, dirinya prihatin terhadap perkembangan pers saat ini yang dinilai sudah sangat bebas dan sering mengabaikan aspek keseimbangan berita. “Bahkan, ada media memelintir berita sehingga menjadi tendensius,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli menyatakan mendukung rencana Dewan Pers yang akan menertibkan keberadaan media massa di Indonesia. “Penertiban untuk menghindari pemberitaan sesuai dengan fakta dari media yang tidak jelas,” katanya.

Menurut Zulkifli, media tidak jelas adalah media yang tidak memiliki badan hukum, tidak memiliki struktur organisasi keredaksian dan nonredaksi, serta tidak memiliki domisili resmi.

Sejak era reformasi, kata dia, pers Indonesia mendapatkan kebebasan, tetapi kebebasan tersebut menjadi kurang terkontrol. “Oleh karena itu, rencana Dewan Pers untuk menertibkan media massa tidak jelas, patut didukung,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers Margiono mengatakan bahwa Dewan Pers akan mengumumkan nama-nama media yang memenuhi persyaratan pers. Selain itu, Dewan Pers juga akan mengumumkan nama-nama wartawan yang telah memenuhi persyaratan pers. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>