Banjir Masih Genangi Aceh Barat

      1 Komentar

Meulaboh, Aceh ( Berita ) :  Air banjir setinggi 50-100 centimeter yang mengepung 11 Kecamatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh hingga Minggu (8/1) malam masih mengenangi rumah dan pemukiman warga.

Seratusan warga perumahan Desa Pasie Masjid, Kecamatan Meureubo, mengungsi di atas badan jalan jembatan yang sudah disediakan satu tenda pengungsian oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD). Sejak pagi hingga malam ini, sebagian warga menginap di tenda tersebut karena ketinggian air banjir belum surut.

“Sejak pagi tadi warga terus dievakuasi dan ‘rubber boat’ ada yang stanby di sini membantu warga. Selain kita evakuasi ada sebagian warga yang kembali melihat rumah, kemudian balik lagi kemari di tempat pengungsian,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Kismar. Sebagian pengungsi memilih mencari rumah saudara di tempat lebih aman, katanya.

Di komplek perumahan Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, ketinggian air masih terjadi sekitar 60 cm di badan jalan. Masyarakat perumahan itu sebagian sudah mengungsi ke tempat saudara di kawasan perkotaan.

“Kami bertahan saja malam ini, lagian cuaca di sini sudah tidak hujan. Beberapa tetangga memang sejak sore tadi sudah berangkat mengungsi ke tempat lain, mungkin ke rumah saudara,” kata salah seorang warga.

Kondisi listrik di komplek perumahan ini masih aman meskipun genangan air masih mengenangi rumah dan jalan lintas desa. Warga memilih bertahan karena beberapa rumah di lokasi komplek perumahan itu belum terendam air banjir.

Sejak pukul 14.00 WIB hingga malam ini, jalur lintas dari kawasan Kaway XVI menuju Kota Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan beberapa titik ruas jalan terganggu genangan air banjir. Warga perumahan sudah sulit ke luar karena genangan air banjir sedikit deras dan dalam terjadi pada beberapa titik ruas badan jalan penghubung.

Selain itu banjir masih menganggu lintas Meulaboh-Geumpang, Kabupaten Pidie seperti di jalan utama lintas Desa Marek, Peureume, bahkan pada badan jalan lingkar kota Meulaboh seperti pada jalan Letnan Mubin, air juga masih mengenangi rumah warga di sepanjang jalan lintas itu.

Selain terdampak terhadap hampir 20 ribu jiwa dalam 74 desa dan 11 kecamatan, akibat banjir ini tiga unit tiang listrik milik PT PLN di Pante Cereumen tumbang pada Minggu dini hari karena diterjang banjir buangan dari aliran irigasi yang sudah sungkak.

Sementara itu banjir yang membuat lintas provinsi terputus di Lamie, Kecamatan Daru Makmur, Nagan Raya dilaporkan malam ini sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat, terutama dam truk, sementara roda dua masih harus mengunakan jasa rakit penyeberangan dengan becak dayung. (ant )

One thought on “Banjir Masih Genangi Aceh Barat

  1. Regina Fidora

    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.

    Tersedia 6 Games in 1 web :
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker

    Minimal Deposit Rp.10.000,- & Wihtdraw Rp.20.000,-

    – Bonus New Member 10%
    – Bonus Freechip
    – Bonus Turn Over Mingguan
    – Bonus Refferal 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>