Kemenag Kepri Gelar Pertemuan Tokoh Lintas Agama

      Tidak ada Komentar

Batam ( Berita ) :  Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar pertemuan tokoh lintas agama, sempena atau berkaitan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-71, di Tanjungpinang, Selasa [03/1].

Dalam siaran pers, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan temu tokoh lintas agama untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjaring berbagai aspirasi dari tokoh dan orang tua yang memiliki pengalaman yang panjang dalam meningkatkan kinerja pelayanan umat beragama.

“Kami ingin ada inovasi yang baru dalam bekerja dengan cara menjaring sebanyak-banyaknya informasi dari masyarakat,” kata Marwin Jamal.

Menurut dia, pertemuan semacam itu sangat positif dalam pembangunan umat dan menjaga kerukunan, karenanya ia berkomitmen untuk terus melakukan pertemuan informal dengan para tokoh lintas agama.

Dalam kesempatan itu, Ketua Parisade Kepri, I Wayan Jasmin berharap agar Kementerian Agama Kepri sering menggelar silaturahmi tokoh-tokoh lintas agama meskipun dalam suasana yang tidak formal demi menjaga kekompakan dan kerukunan. “Kami berharap forum seperti lebih sering kita lakukan,” kata I Wayan Jasmin.

Tokoh Kristen Kepri, mengungkapkan rasa syukur dengan eksistensi Kementerian Agama di usianya yang ke 71. “Sejak tahun 80-an baru belakangan inilah kami mendapat undangan untuk menghadiri HAB. Kerjasama lintas agama untuk menjaga kerukunan umat beragama sangat dibutuhkan saat ini. Kami mengucapkan selamat hari amal bakti,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tanjungpinang Moch Sodigno mengeluhkan hambatan untuk memiliki sekretariat FKUB.

“Kami sudah sering melakukan komunikasi dengan Walikota Tanjungpinang, namun karena permasalahan lahan yang belum ada maka proses pembangunannya terbengkalai terus. Padahal peran FKUB sangat penting dalam menjaga dan melestarikan kerukunan umat beragama,” ucap Moch Sodigno.

Menanggapi keluhan itu, Kakanwil Kemenag Kepri mengatakan pembangunan gedung FKUB Kabupaten/Kota saat ini sedang sedang dalam moratorium, namun pihaknya akan mencari solusi untuk menyediakan ruang sekretariat FKUB Kota Tanjungpinang yang lebih representatif diantaranya dengan memanfaatkan gedung bekas Kemenag Bintan di Jalan MT Haryono Km 3 Tanjungpinang. “Namun akan kita pelajari dulu ketentuan pemakaiannya,” katanya.

Masih dalam pertemuan itu, Kakanwil Kemenag Kepri menyerahkan Surat Keputusan Lembaga Amil Zakat Berskala Nasional kepada Yayasan Daarut Tauhid, Yayasan Rumah Zakat Indonesia dan Yayasan Lembaga Manajemen Infaq Ukhuwah Islamiyah. (ant )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>