Jangan Mengekor

      Tidak ada Komentar

Cahaya yang lebih terang bisa mengalahkan cahaya yang kurang. Bukankah senteran lampu mobil bisa mengalahkan senteran lampu sepeda motor di jalan raya. Demikianlah ibaratnya, peradaban yang lebih maju bisa mengalahkan peradaban yang kurang berkembang.
Zaman sekarang peradaban Islam sangat terkebelakang kalau diibaratkan peradaban Barat (Kristen) dalam berbagai hal. Amerika dan Eropa sering menjadi rujukan dalam berpolitik, ekonomi dan budaya.

Semua itu akibat penjajahan Barat yang cukup lama atas dunia Islam. Kepulaun Indonesia saja kebagian 350 tahun dalam “pemerkosaan” budaya Belanda. Meski Belanda telah pergi, namun mereka telah menyemai peradabannya di Nusantara yang sulit kita hapuskan, ibarat benih rerumputan, meski kita bersihkan dengan cangkul tetap tumbuh kembali. Tehnologi informasi yang sangat cepat semakin membuat budaya Islam menjadi “budak” di negeri sendiri.

Sekarang ini, umat Islam seolah-olah mengekor kepada kebudayaan Barat. Orang barat mendedah aurat, perempuan Islam juga mendedah aurat, perempuan barat meniru laki-laki dalam bentuk pakaian dan rambut, perempuan Islam juga meniru. Perempuan barat berambut pirang, perempuan kita menyemir pirang. Pokoknya tidak mau kalah.

Abu Sa’id Al-Khudri meriwayatkan, bahwa Rasulullah bersabda: Kamu akan mengikuti kebiasaan umat sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta sehingga jika mereka memasuki lubang biawak, niscaya kamu akan akan mengikuti mereka. Sahabat bertanya; Adakah mereka itu kaum Yahudi dan Nasrani, wahai Rasulullah. Rasulullah menjawab; Ya siapa lagi kalau bukan mereka!” (HR:Bukhari Muslim).

Rasulullah SAW. telah mengajarkan umatnya supaya tampil beda dengan orang Yahudi dan Nasrani: Bedakan dirimu dengan orang musyrik, pendekkan kumismu, dan panjangkan janggutmu.(HR:Muslim).

Konon sebelum Belanda datang ke Indonesia, tidak ada orang Islam yang memanjangkan kumis, tetapi setelah Belanda datang, banyak orang yang meniru-niru Belanda. Memanjangkan kumis dan mencukur janggut.

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda: Panjangkan janggut, cukurlah kumis, dan semirlah ubanmu; jangan menyerupai orang-orang Yahudi dan Nasrani.(HR: Tarmizi, Ahmad, dan Ibnu Hibban).

Saidina Ali berakata: Orang-orang yang mengikuti orang jahiliyah dalam berpakaian tidak akan dapat mencium wangi surga (Kitab Nahjul Balaghah). Imam Ghazali berkata: Suatu saat nanti, orang Islam akan mengikuti gaya Yahudi dan Nasrani dalam bermuamalah. Jika masa itu telah tiba, jauhkan dirimu dari kelompok tersebut (Kitab Bidayah Alhidayah). ***** ( Tgk. H. Ameer Hamzah )

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>