Tim Indonesia Raih Lima Emas Olimpiade Sains

      Tidak ada Komentar

Jakarta ( Berita ) : Tim pelajar Indonesia berhasil meraih lima medali emas dalam kegiatan Olimpiade Sains Internasional atau “Internasional Junior Science Olympiad” (IJSO) ke-13 yang diselenggarakan pada 2 hingga 10 Desember 2016.

“Dengan prestasi itu, target Indonesia meraih tiga emas terlampaui,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, di Jakarta, Selasa [13/12].

Pada IJSO ke-12 di Korea tahun lalu,pelajar Indonesia meraih dua medali emas. “Kami bersyukur dan memberi penghargaan kepada tim pelajar Indonesia yang berhasil meraih lima medali emas.”

Hamid yang didampingi Direktur Pembinaan SMP Kemendikbud Supriano tersebut, mengungkapkan prestasi tersebut menempatkan posisi Indonesia berada di urutan kedua, yang mana posisi pertama ditempati Taiwan.

“Prestasi ini tak lepas dari kerja keras tim leader atau tim pembina IJSO Indonesia serta tim pelajar terpilih yang telah berjuang dengan maksimal.” Sebagai tuan rumah tim Indonesia diwakili dua delegasi pelajar terpilih yang diseleksi ketat,mereka rata rata juara Olimpiade Sains Nasional atau OSN. “Jadi disini nampak prestasi itu dipupuk mulai dari sekolah,juga keluarga dan dinas pendidikan yang terlibat,”cetus dia.

Dikatakannya, IJSO yang diinisiasi Pemerintah Indonesia sejak tahun 2004 merupakan kompetisi tahunan ajang ilmu pengetahuan alam atau sains bagi pelajar tingkat SMP. Pada tahun ini, IJSO mengangkat tema “Science for Creative Innovation”.

Ajang IJSO sengaja digelar sebagai bentuk kerjasama dunia pada perkembangan dan peningkatan pendidikan sains. Oleh karena itu,Kemdikbud terus berupaya mendorong nak-anak Indonesia dapat mencintai sains.

“Kami ingin dorong anak anak kita mencintai sains karena mau tidak mau kemajuan bangsa ditentukan salah satunya oleh sains.” Pelaksanaan IJSO ke-14 pada 2017 akan diselenggarkan di Belanda. Direktur Pembinaan SMP Kemdikbud, Supriano berharap pada IJSO di Belanda tim pelajar Indonesia dapat mempertahankan medali emas yang telah diraih. “Kami sangat mengapresiasi tim IJSO kita yang berhasil dulang medali emas semoga di IJSO Belanda nanti tetap dapat mempertahankan meraih emas,” harap Supriano.

Lima medali emas tersebut diraih Nixon Wijaya, Epafroditus Kristiadi Susetyo, Aditya David Wirawan, Winston Cahya, dan Albert Sutiono. Selain itu, tujuh medali perak juga berhasil diraih pelajar Indonesia yakni Joan Nadia, Haniif Ahmad Jauhari, Raymond Valentino, Arkananta Rasendriya, Gede Aryana Saputra, Timotius Jason, dan Tanya Nuhaisy Wulandari. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>