Lulusan Diploma Dapat Sertifikasi Profesi

      1 Komentar

 

JAKARTA (Berita): Menteri Riset Tenologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan mulai 2017 lulusan diploma akan mendapat sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Untuk tahap awal, sebanyak 12 politeknik sudah melakukan kerja sama dengan BNSP. Nantinya lulusan dari 12 politeknik tersebut, akan mendapatkan ijazah dan juga sertifikat profesi,” ujar Nasir kemarin.

Dia menjelaskan ke depannya, semua pendidikan tinggi berbasis vokasi akan mengikuti sertifikasi. Sertifikasi profesi tersebut menunjukkan bahwa lulusan tersebut memiliki keahlian di bidang tersebut.

“Semua bidang sudah ada sertifikasinya, bahkan di bidang maritim lebih hebat lagi. Lembaga sertifikasinya sudah diakui dunia, bahkan sertifikasinya berasal dari Amerika,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, lanjut Menteri Nasir, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan berbagai negara untuk menyekolahkan sejumlah dosen ke luar negeri. “Hal itu merupakan kebutuhan, mengingat Presiden Jokowi telah menetapkan Nawa Cita yang salah satu cita-citanya adalah mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional,” katanya.

Untuk itu diperlukan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang kelautan, perikanan, dan maritim yang terintegrasi, terstruktur dan masif untuk mewujudkan Nawa Cita itu. Mantan rektor Universitas Diponegoro ini menjelaskan potensi sumber daya laut Indonesia tergolong sangat melimpah, namun belum mampu memberikan kesejahteraan yang memadai bagi seluruh masyarakat nelayan sebagai pelaku utama dalam pemanfaatan sumber daya hayati laut. (aje)

One thought on “Lulusan Diploma Dapat Sertifikasi Profesi

  1. Brianna Kyla

    AYUKK BERGABUNG DENGAN KAMI S1288POKER

    DAPATKAN FREECHIP DAN FREEBET

    DENGAN BONUS NEW MEMBER 10%

    BBM : 7AC8D76B

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>